Cadillac Presidential Limousine, Tunggangan Si Anak Menteng Barack Obama

cadillac-presidential_limousine-2009_front

 

Ini dia mobil dinas presiden Amerika yang baru “diresmikan” publik Amerika Barack Hussein Obama Junior, yaitu mobil pabrikan Amerika Cadillac Presidential Limousine yang dibuat khusus untuk si obama. Mobil yang benar-benar masih “fresh from oven” ini sebenarnya bukan jenis sedan, tapi truk yang disulap jadi sedan limosine super mewah, aman, nyaman dan tentu muahal.

Sejatinya mobil ini mengambil sasis truk milik GM, sehingga kalau dilihat dari dekat akan terlihat janggal karena bentuknya sedan tapi kok tinggi, bahkan hampir sama tingginya dengan si penumpangnya bo. Pabrikan Cadillac memang sudah lama dipercaya sebagai mobil kepresidenan Amerika sejak presiden Woodrow Wilson, dan sampai sekarang tradisi sebagai limosinya presiden tetap dipegang Cadillac Presidential Limousine.

Cadillac sebagai pembuat mobil-mobil mewah seperti Cadillac CTS Sport Sedan dan SUV Escalade memang tidak punya jenis truk. Tapi karena gm sebagai pemegang merek Cadillac mempunyai truk dari merek lain yaitu GMC Topkick sejenis truk pikap. Sebelum Barack Obama, presiden si pembuat ulah Goerge Bush Jr. juga dibuatkan mobil serupa oleh Cadillac yang dinamakan Cadillac Deville Presidential pada tahun 2001, jika diplesetkan pas dengan karakter G. W. Bush yang berjiwa iblis (devil). 

Balik ke Cadillac Presidential Limousine milik si Barack Obama ini, tampilan depan mirip dengan Cadillac CTS Sedan yang diproduksi masal, terutama lampu depanya. Mobil yang kemungkinan besar tidak pernah mogok ini, menggunakan bodi full baja dan kaca anti peluru (itu sudah standarnya mobil presiden) juga ban mobil yang meski ditembak berkali-kali tidak akan bocor karena menggunakan jenis “run-flat tyre” milik Goodyer dan dipasangi pelek setebal 495 mm. Mobil yang oleh kalangan pasukan pengaman presiden (paspampres) Secret Service dijuluki “si Buas” ini sudah dilindungi dengan lapisan anti senjata biologis dan kimia, juga kebal menghadang roket dan bom pinggir jalan. Guna melindungi si Anak Menteng ini lapisan baja pada bodi mobil inipun tak main-main yaitu setebal 125 mm, bahkan pintunya pakai lapis baja setebal 200 milimeter! Plus kaca tebal anti peluru bahkan rudal. Untuk memboyong beban mobil full baja ini diperlukan mesin yang juga telah dimodifikasi seganas mungkin, dipakailah mesin monster truk milik GMC dengan kapasitas 6000 cc, yang sanggup memuntahkan tenaga segede 330 hp. Tapi resikonya konsumsi bbm jadi cepat haus solar alias super boros untuk jarak 100 km butuh 34 liter solar, jadi 1 liternya cuma bisa berlari 2,94 km.

Wah wira-wiri musti rajin mampir SPBU dong om Obama…

Gambar lain:

cadillac-presidential_limousine-2009_back

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: