Ditemukan Potongan Candi di Bawah Kampus Pusat UII Jogja

Wah selama 5 tahun kuliah di kampus UII ternyata gak nyangka dibawah bangunan megah kampus UII terdapat candi peninggalan kuno. Posisi candi berada ditengah-tengah bangunan yang sudah jadi. Kalau kamu anak UII pusat pasti tiap hari melewatinya karena berada di sebelah timur perpus pusat, yang memang masih berupa lahan kosong dan rencananya akan dibangun perpus supaya lebih besar perpusnya. Saat akan dibangun inilah ditemukan potongan candi yang terkubur lumayan dalam, makanya pembangunan pun dihentikan.

Ahli arkeologi dan sejarah menduga ini merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan mataram hindu kuno abad ke-8 yang hancur gara-gara amukan gunung merapi meletus dasyat dan pindah ke jawa timur pada abad ke-10. Yang unik disini kok ya baru ketemu sekarang…padahal usia UII sudah 66 tahun, apalagi lokasinya berada ditengah-tengah pusat kampus UII dan setiap saat dilewati kendaraan berlalu-lalang. Coba kalau tidak ada rencana membangun perpustakaan, bakal ga ditemukan nih candi hehehe….

Peninggalan Sejarah Kerajaan Mataram Hindu atau Medang

Candi-candi peninggalan Kerajaan Medang alias Mataram Kuno atau Mataram Hindu antara lain, Candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Mendut, Candi Pawon, dan tentu saja yang paling kolosal dan terkenal adalah Candi Borobudur.

Jika candi yang baru saja ditemukan di kampus UII ini merupakan peninggalan Mataram Hindu, maka akan membuka sejarah baru yang belum terungkap tentang kerajaan nusantara di Jawa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: