Bocah Bikin Punah Makhluk Hidup

Abis baca-baca tentang hewan yg udah punah jadi inget masa lalu neh, masa kecilku yg pernah bikin punah suatu jenis ikan. Beginilah kisahnya:

Dulu waktu aku masih bocah ya sekitar kelas 4 SD lah lupa umurnya, aku bareng masku seneng banget sama segala macem hewan dari yg beneran sampe yg jadi-jadian alias mainan hewan-hewanan maksudnya, khususnya ikan karena mungkin dari kecil bapaku suka melihara ikan diakuarium n kolam kali ya jadi ikut-ikutan seneng angon ikan.

Saat itu keluargaku habis pindahan jadi termasuk warga baru dikampungku daerah Jl. magelang Jogja, dijalan kampung kami ada kalen (sungai kecil) deket sawah airnya bening dalemnya banyak ikan kecil-kecil jenisnya juga beragam dari yg biasa banget kayak cetol sampai yg bentuknya unyu-unyu misal guppy, red molly, black molly, ikan pedang n kepala timah. Si kepala timah ini sebelumnya aku n masku belum tau nama aslinya jadi karena dijidadnya ada tailalat putihnya bentuknya agak lonjong kecil jadi ya kita namain aja ikan “yg jidadnya ada putih-putihnya” emang sih nyebutnya gak praktis banget maklum anak-anak sukanya yg rempong-rempong.

Ikan kepala timah alias “yg jidadnya ada putih-putihnya” inilah yg bikin kita ketagian sering banget main-main dikalen buat berburu ikan-ikan unik itu. Senjata berburu kita simpel aja cukup jaring n kantong plastik 3kiloan, hampir tiap sore kita dapet buruan macem-macem kadang malah dapet ikan nila merah n tombro ukuran kecil. Heranya saat itu anak-anak lain jarang banget yg main dikalen ngambilin ikan-ikan ini, jadinya kita berdua gampang banget dapetin ikan-ikan yg tergolong cantik n cakep apalagi kita sering jalan-jalan ke pasar hewan Ngasem, ikan hias yg dijual disana banyak banget yg sama kayak yg berkeliaran bebas dikalen kampungku itu kecuali ikan kepala timah itu tadi belum ada dipasar hewan terbesar dijogja itu. Setelah dapet biasanya kucemplungin dikolam ato akuarium, kadang buat pakan ikan oscar bapaku, padahal sayang banget loh ikan kepala timah ato ikan lain yg bentuknya eksotik kayak gitu cuma buat pakan…

Kadang aku ato masku ajak temen-temen sekolah buat berburu ikan dikalen kampungku, lama-lama anak-anak kampung lain pun juga ikut-ikutan berburu jaringin ikan-ikan dikalen itu. Sampai keluargaku berencana mo nyewain rumahku jadi lah kita pindahan ke tempat lain. Setelah pindah rumah, aku n masku jalan-jalan ke pasar Ngasem, ternyata disana sudah banyak pedagang ikan jualan ikan kepala timah yg dulu kita buru n dijadiin pakan ikan oscar, hadeeehh sayang banget kalo tau gitu bakalan kujual deh.

Empat tahun kemudian keluargaku balik ke rumahku yg dijalan magelang setelah masa kontraknya habis. Saat itu aku sudah kelas 2 smp, lalu coba menelusuri kalen tempat bermainku dulu berburu ikan bareng masku, tapi sangat disayangkan disungai kecil ini gak ada seekor pun ikan hias warna-warni berseliweran bebas kayak dulu, yg tersisa hanyalah ikan-ikan cetol banyak banget. Emang sih ikan cetol ini bisa bertahan hidup lantaran gak ada yg minat buat jaringin soalnya udah bentuknya kecil biasa banget, warnanya juga cuma item, elik banget pokokmen gak ada menariknya sama sekali. Apalagi ikan kepala timah yg dulu sangat buanyak populasinya sekarang sudah jadi barang langka buruan para penggemar ikan hias. Ikan kepala timah yg punya nama ruwet Aplocheilus panchax kini dipasar ikan pun sudah sangat sedikit yg jual alias hampir punah, terakhir aku jalan-jalan ke pasar ikan lagi blas gak ada yg jual ikan kepala timah alias sudah punah.

Huhuhuuu…sedih juga kalo aku ngingetnya

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

9 thoughts on “Bocah Bikin Punah Makhluk Hidup

  1. Gho-Pan 2 Desember 2012 pukul 23:22 Reply

    ada yg jual ikan itu om, di the best aquarium, tp hrgnya mahal dan jarang ada

  2. dede 3 Desember 2012 pukul 02:40 Reply

    disini malang msh ada lumayan bnyak tp susab cari soalnya disungai2 kcl

    • ardyanet 19 Desember 2012 pukul 12:40 Reply

      wah sama berarti…klo disini blas gak ada

  3. Jefry 19 Desember 2012 pukul 10:55 Reply

    Suatu saat nanti ikan cetol bisa jadi punah juga dan bakalan mahal harganya…

    • ardyanet 19 Desember 2012 pukul 12:41 Reply

      bener banget tuh bisa jadi ikan hias jg n harganya selangit trus lama2 ikan disungai habis tak bersisa!!!

  4. kang baters 17 Maret 2014 pukul 12:51 Reply

    aku punya ikan cetol tpi nggk tau ngembang biakinya maklum masih SMP aku lagi seneng angon iwak hehehehe? ada cara ngembang biakin ikan cetol gk?

    • ardyanet 22 Maret 2014 pukul 20:21 Reply

      ikan cetol gampang biakinya tgl taruh kolam gak perlu besar bgt cemplungin aja beberapa cetol yg penting ada laki n cewe nya loh n jgn dicampur ikan bsr lain kayak nila, tombro ato malah lele oke bro…

  5. Fb@kunartojuwana 29 Maret 2014 pukul 11:22 Reply

    Ditempatku bnyak?emang harganya piro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: