Ojek in The World

Profesi tukang ojek ternyata gak cuma ada disini, tapi di seluruh dunia. Aslinya istilah internasional dari tukang bonceng motor ini namanya Motorcycle Taxi, tapi di tiap negara punya istilah unik masing-masing ya kayak di Indonesia namanya jadi “ojek” Yuk kita bahas satu-satu

Thailand

Nama akrabnya jadi มอเตอร์ไซค์รับจ้าง kalo gak bisa dibaca…baca ini møtoēsai rapjāng tetep aja susah. Bentuknya ya masih kayak tukang ojek sini mayoritas pada pakai motor bebek bedanya kalo dithailand pake keranjang depan kayak motor ibu-ibu kepasar gitu deh tapi kebanyakan mereka sudah pada pakai seragam, sekarang juga mulai banyak yang pakai skuter matic karena populasi bebek baru disana makin dikit.

Kamboja

Kalo dikamboja khususnya diphnom penh ojek motor disebut motodups, bentuknya bebek biasa hanya kebanyakan ditambahin kargo penumpang jadi semacam becak motor kalo diindonesia. Jadi selain dijadiin motor angkutan orang bisa juga kebanyakan disewakan angkutan barang, apalagi ongkosnya lebih murah ketimbang nyewa mobil pikap jadi pada milih pakai motodups ini.

Filipina

Di filipina ini yang menurut gue paling heboh, satu motor bisa muat lebih dari 5 penumpang plus bisa ditambah lagi anak-anak. Ojek filipin ini disebut “habal-habal” motor yang dipakai motor batangan alias motor laki, caranya biar bisa buat bonceng banyak orang dibuatin dudukan dari kayu memanjang kebelakang disangga besi biar kuat. Gak cuma bonceng dibelakang loh tapi bagian tangki motor pun ikut diduduki berdesak-desakan sebanyak-banyaknya hehehe…

Selain itu habal-habal juga banyak variasinya ada yang dibuatin atap biar gak kehujanan, ada yang ditambahkan lagi dudukan ke samping kanan-kiri biar muatnya makin buaanyaaakk…guendengg deh…

India

File:Motor Cycle Taxi Stand .jpgDi negri taj mahal ini ojek sering disebut “pilots” rata-rata memakai motor laki karena emang disana gak ada bebek berseliweran, tarif “pilots” sangat murah ketimbang naik taxi mobil (ya iyalah) tapi bentuk motor yang dipakai gak dineko-neko masih terlihat normal-normal aja kayak bentuk standarnya.

Nigeria

 Di afrika khususnya nigeria, ojek motor disebut “okada” kayak nama jepang yak…okada sebenarnya nama penerbangan lokal Okada Air. Tapi gak tau juga kenapa masyarakat sono namain ojek-ojeknya okada. Motor yang dipakai kebanyakan motor laki juga tapi lawas-lawas, trus penumpangnya kalo dewasa paling cuma muat 3 orang bareng supirnya, tapi kalo anak-anak bisa muat buanyak n gak peduli keselamatanya.

Afrika Timur (Kenya-Uganda)


Ojek di afrika timur namanya “boda-boda”. Sebenarnya ini aslinya dari ojek sepeda ontel sejak jaman dulu sekitar tahun 10960an n 1970an kayak disini becak ontel jadi becak motor. Di afrika timur khususnya uganda n kenya boda-boda yang awalnya pakai sepeda ontel berubah ngikutin jaman jadi sepeda motor. Motor yang dipakai relatif macem-macem ada bebek kebanyakan dari motor jepang, motor laki kebanyakan dari india kayak tvs n bajaj.

China

Kalo di cina saking beragamnya bentuk motor jadi susah juga neranginya, kondisinya mirip di indonesia tiap daerah mempunyai ciri khas bentuk dari taxi motor sendiri-sendiri, ada yang roda 2, 3 atau malah 4 roda juga ada tapi bukan mobil loh.

Inggris

File:Passenger Bikes Ltd motorcycle taxi.jpgKalo ojek dinegeri eropa khususnya inggris kayak gini mah jangan dibandingin ma taxi-taxi kayak sebelumnya, rasanya pun dah bisa dibayangin….wuusss uenaakk. Di United Kingdom ini taxi motor sudah dapat lisensi resmi dari badan Transport of London dan Public Carriage Office. Tarifnya pun gak murah lagi tapi ya tetep lebih murah ketimbang naik taxi mobil.

Kesimpulanya ojek-ojek diseluruh dunia punya ciri khas masing-masing, tapi kalo menurutku ojek motor paling keren ya tetep ojek Indonesia dong khususnya becak motor dari sumatra utara yang pakai moge klasik BSA dijadiin becak, coba mana ada negara yang ojeknya pakai moge klasik legendaris begini.

8 thoughts on “Ojek in The World

  1. Alfido™ 13 November 2012 pukul 08:07 Reply

    mantap artikelnya bro

    • ardyanet 14 November 2012 pukul 14:17 Reply

      thanx jg masbro…🙂

  2. mason 27 November 2012 pukul 19:56 Reply

    ojeg = ongkos ngajegang

  3. Gho-Pan 28 November 2012 pukul 15:20 Reply

    hehe…apa tuh artinya mas?

  4. ardyanet 29 November 2012 pukul 15:14 Reply

    thengkyu…sama2 bro

  5. Trik Bisnis 12 Januari 2013 pukul 16:13 Reply

    Info yang menarik mas, terima kasih atas sharing ilmunya. Sangat bermanfaat, keep posting dan salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya mas…

    • ardyanet 15 Januari 2013 pukul 10:38 Reply

      makasih juga masbro komennya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: