Si Bolang Dadakan

bocahKalo di acara tivi bolang itu kepanjanganya “bocah petualang” tapi kalo buat aku berubah jadi “bocah ilang”. Pengalamanku waktu jadi bolang alias si bocah ilang itu waktu masih berupa bocah tengil tepatnya saat awal-awalnya kelas 1 smp.

Saat itu aku kalo pulang-pergi sekolah biasa naik bis ato dianter bapak naik roda dua. Sebenarnya rute jalur bis yg biasa kutumpangi itu sudah kuhapalin diluar batok kepalaku, tapi entah kenapa pas saat itu bisa-bisanya ku salah jalur, jauh banget pulak. Awalnya dipagi hari ku nunggu bis kayak pagi-pagi biasanya, bis jalur kesekolahku warnanya sebenarnya cuma satu macem yaitu kuning tok tapi entah kenapa juga kok lama-lama makin banyak warnanya yak kayak kuning kecoklatan, kuning keiteman, kuning pudar, kadang malah ada full gambar bapak-bapak lagi kesakitan megang kepala (iklan bodrex). Saking banyaknya bis warna kuning ku agak nyantai naiknya milih-milih bis yg gak penuh sesak. Akhirnya ada bis yg masih banyak kursi nganggurnya hampirin aku, tanpa ragu lagi ku langsung naik n duduk manis, aku gak ngerasa aneh soalnya menurutku warna bisnya kuning kecoklatan buthek lagi, n ternyata warna asli bisnya bukan kuning kecoklatan tapi coklat kekuningan. Maklum aku emang punya penyakit kronis gak bisa bedain warna yg mirip-mirip terutama coklat sama ijo n biru sama ungu…wees dijamin kebolik-balik, parahnya penyakit itu sudah ada sejak ku masih SD sampai tulisan ini diterbitkan.

Didalem bis aku duduk santai penuh kenyaman, aku cuma ngerasa aneh kayaknya kok gak ada anak-anak satu sekolahku naik bis ini tapi ku gak terlalu peduliin. Sampai akhirnya yg seharusnya bis jurusanku yg biasanya ada tulisan “A3” atau “D6” itu belok kekiri tapi ini bis malah ngeloyor bablas lurus, ku kaget n mo ngingetin kernetnya kalo supir bisnya mabok+juling bikin salah jalan tapi gak jadi setelah aku ngeliat tulisan besar-besar “Jogja-Tempel” bukan A3 ataupun D6 kayak biasanya, mulutku langsung menganga selebar-lebarnya.

Ku mo turun n bilang sama kernetnya kalo salah bis (trik biar duitku dikembalikin hehe) tapi gak jadi soalnya dari dulu aku emang pengin banget naik bis jurusan ini karena jurusanya jauh melenceng dari bisku biasanya n pernah ku ngrencanain buat keliling kota naik bis tapi lum kesampean. Akhirnya kumutusin tetep nerusin perjalanan salah naik bis n bolos 1 hari, aku pengin jadi seorang backpacker sejati muter-muter kota.

Saat itu muter-muter kota jogja serasa kayak keliling indonesia rasanya jauuuh bener. Aku liat sudah berganti-ganti penumpang yg naik bis ini, sampai si kernet merasa curiga juga ada satu bocah tengik gak turun-turun dari bisnya. Sampai akhirnya nyampe juga diujung perjalanan yaitu terminal bis Umbulharjo yg sekarang sudah dipindah ke Giwangan, ini kali pertamanya menginjakan kakiku diterminal bis ini. Setelah bisnya kosong mlompong tinggal seekor penumpang yg salah naik bis tadi lalu si kernet nanyain aku “kok gak turun2 dik? salah bis ya?” aku cuma cengengesan n jawab “hehe iya pak” trus si kernet nyaranin untuk naik bis yg warnanya bener-bener kuning biar gak salah lagi n ngembaliin ongkos 300 rupiahku hehehe. Tapi aku gak langsung pulang, aku jalan-jalan dulu n mampir warung angkringan setelah kenyang baru pulang naik bis kuning.

Setelah kejadian “salah naik bis” itu, tiap kali brangkat sekolah n nyampe dikelas rasanya bosan sekali nglakuin rutinitas sekolah yg cuma gitu-gitu aja -dasare emang gak suka pelajaran sekolah- rasanya pengin mengulangi lagi petualanganku yg gak bener itu. Akhirnya dengan tekad bulat aku ngebolang lagi tapi dengan bis yg berbeda yaitu bis kuning jurusanku dewe, begitu bis berhenti pas didepan sekolahku aku gak turun n tetap duduk manis didalem bis lalu bablas pergi muter-muter lagi, bolos lagi n berakhir di terminal Umbulharjo lagi, dan seperti sebelumnya si kernet ngembaliin duit ongkosnya karena merasa kasian jadi sama aja jalan-jalanya gratis-tis. Setelah terbiasa bolos aku makin ketagihan jalan-jalan naik bis ini sampai pernah bercita-cita ingin jadi sopir bis, kadang aku naik beberapa bis berbeda-beda jurusan supaya bisa sampai mana-mana tapi tiap turun dari bis selalu bilang ke kernetnya kalo aku salah naik bis trik supaya ongkos 300ku dikembaliin hehehe trus masalah ntar ditanyain guru bisa nyari ribuan alasan termasuk alasan “salah naik bis” itu tadi.

Tinggalkan Balasan

