Kayaknya Suzuki Indonesia ingin membuktikan kalau masih bisa melawan kekuatan Yamaha dan Honda di tanah air, caranya dengan menggelontorkan produk-produk gresnya dan menggusur produk lama mereka. Produk pertama Suzuki Smash yang sudah digantikan Titan, meski masih ada nama Smashnya tapi yang ditonjolkan logo Titan sedang Smash hanya saupil logo yang nempel dibodi motor. Lalu bebek kedua Shogun yang sudah melegenda dipensiunkan digantikan Axelo 125 dengan platform persis Shogun 125. Lalu gimana dengan performa dibandingkan dengan motor jepang lainya? Ayo kita komparasikan.
Suzuki Axelo 125
Rupanya kehadiran produk anyar bernama Axelo 125 ini guna menutup keterpurukan penjualan Suzuki Shogun yang sudah melegenda 10 tahun lebih. Emang sih Shogun tak berdaya melawan rival tuanya si Honda Supra dan Jupiter Z yang sudah sangat diterima masyarakat Indonesia dan punya penggemar loyalitas yang sangat jauh lebih banyak ketimbang Shogun.
Jadi Axelo 125 ini punya beban berat buat gantikan posisi Shogun, dengan senjata yang hampir sama dan hanya ubahan facelift kecil-kecilan, kayaknya Suzuki bakal mengulang pil pahit penjualan melawan duo rival Jepangnya Honda dan Yamaha. Mesin sama 125cc, sasis sama plek, tampilan pun masih dibilang mirip-mirip Shogun 125 keluaran terakhir. Sepertinya Suzuki masih belum berani-berani amat melakukan rombakan yang radikal buat mengisi kelas bebek menengah yang sudah mengalami fase “membosankan” ini.
Meski masih pake mesin sama persis, pihak Suzuki mengklaim adanya ubahan pada sistem percepatan. “Basis mesinnya masih sama seperti Shogun 125 terdahulu. Namun ada beberapa material yang diperbarui. Termasuk sistem transmisi diubah untuk pendapatkan efek perpindahan gigi yang lebih halus dan tidak mudah miss,” terang Hariadi, 2W Sales – Service & Outboard Assistant to Section head PT Suzuki Indomobil Sales yang dikutip di motorplus.otomotifnet.com. Tapi meski masih berkapasitas sama dengan Supra X125, tenaga mesin Axelo 125 ternyata paling besar diantara para rival-rival sekelasnya yaitu sebesar 9,6dk.
Secara ergonomis, bodi Axelo 125 masih senafas dengan Shogun tapi kali ini pelek palang yang dipakai berbeda dengan pendahulunya yang memakai milik Satria. Sebenarnya pelek ini sudah dipakai Shogun injeksi keluaran terakhir, kalau menurutku kelebihan dari Shogun 125 ada pada pelek racingnya karena sama dengan Satria yang juga cakramnya dibuat besar, bahkan pelek ini sempat jadi tren para produsen asesoris pelek tanah air. Tapi gak tahu lah apa yang dipikirkan disainer-disainer Suzuki kenapa malah peleknya dibikin model yang “biasa-biasa” saja kayak motor bebek pada umumnya.Kini bebek 125cc berharga 15jeti ini juga menerapkan tren mengurangi kualitas kaliper piston rem yang dulunya doble sekarang tinggal sebiji piston seperti bebek-bebek terbaru lainya.
Ini dia spesifikasinya:
- Harga : Rp 15.000.000,-
- Panjang: 1.895 mm
- Lebar: 715 mm
- Tinggi: 1.075 mm
- Tipe: 1-silinder, 4 langkah, SOHC
- Diameter piston: 53,5 mm
- Stroke: 55,2 mm
- Kapasitas mesin: 124 cc
- Tenaga maks: 9,6 PS @8.000 rpm (standar dan S), 10 PS @8.500 rpm (R)
- Torsi mak. 10 Nm @6.000 rpm (standar dan S), 9,9 Nm @6.000 rpm (R)
- Transmisi: 4-Percepatan
- Ban depan 70/90-17M/C 38P
- Ban belakang 80/90-17M/C 38P
- Rem depan : cakram kaliper piston tunggal
- Rem belakang : cakram dan tromol
- Kapasitas tangki bensin: 4,1 liter
Honda Supra X125
Bebek yang juga sudah melegenda ini memang sudah terbukti susah buat ditaklukan lawan-lawanya dalam hal penjualan. Meski sudah dibanderol paling mahal (sebenarnya kelewat mahal) tapi nyatanya konsumen Indonesia seakan gak peduli sama merek lain, Honda akhirnya berhasil membentuk banyak konsumen loyalitas sama Supra X125 ini. Tapi meski sudah terbukti rajanya bebek, Honda tetap mempermanis tampilan Supra X125 nya buat ngikutin tren yang terus berkembang.
Meskipun sebenarnya tampilan Supra X125 saat ini sudah mulai membosankan, sebenarnya ada kelebihan dibanding merek lain yang sudah mengurangi kualitas produknya. Honda Supra X125 masih memakai kaliper dobel piston untuk rem cakram depanya, bebek merek lain yang masih dobel piston hanya Kawasaki, mungkin besok setelah facelift Honda akan latah pakai piston tunggal yang lebih lemah tapi “ngirit” biaya produksi. Selain itu, kelebihan lain ada pada sok belakang yang dilindungi plastik jadi tidak mudah kotor sekaligus memperpanjang usia sokbrekernya.
Soal tenaga mesin, masih kalah dengan Axelo 125 tapi lebih besar ketimbang Edge apalagi Jupiter Z. Sayangnya harga yang terbilang sangat mahal dibanding kompetitor.
Spesifikasi lengkap:
- Harga : Rp 15.465.000,-
- Panjang X lebar X tinggi : 1.889 x 702 x 1.094 mm
- Berat kosong : 105kg
- Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
- Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
- Rem depan : Cakram kaliper double piston
- Rem belakang : Cakram single piston dan tromol
- Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
- Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
- Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
- Volume langkah : 124,8 cc
- Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
- Daya Maksimum : 9,3 PS / 7.500 rpm
- Torsi Maksimum : 1,03 kgf.m / 4000 rpm
- Gigi Transmsi : Kecepatan bertautan tetap
- Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N (rotari)
Kawasaki Edge
Meski sudah dibuktikan kehebatan Kawasaki Edge diajang balap bebek profesional nasional bahkan juara se Asia, penjualan bebek 110 cc milik pabrikan ijo ini masih terhitung sangat kecil dan gak sukses sama sekali. Ya maklum lah Kawasaki kan emang lebih terkenal bikin motorsport sejati ketimbang bebek sejati, meskipun sudah dibanderol paling murah dari para rivalnya.
Mungkin karena disain dan mesin yang dipakai masih terlalu “biasa” kali ya, biker tanah air pun jadi gak terlalu melirik buat membelinya. Mesin 110cc kalah dikit ato bisa dibilang setara dengan mesin Jupiter Z yang 115cc. Kelebihan dibanding merek lain hanyalah masih mengaplikasi kaliper dobel piston buat rem cakram depanya kayak Supra X125 dan harganya paling murah ketimbang yang lain.
Spesifikasinya:
- Harga : Rp 13.800.000,-
- Type mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
- Diameter x Langkah : 53 x 50.6mm
- Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 112 cc
- Perbandingan Kompresi : 1 : 9,5
- Daya Maksimum : 8.30 HP/8000 rpm
- Torsi Maksimum : 8.13 Nm/6500 rpm
- Jumlah Transmisi : 4 speed
- Sistem Pengapian : DC-CDI
- Panjang x Lebar x Tinggi : 1899 x 700 x 1045 mm
- Berat Maksimum : 104 kg
- Rem Depan : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
- Rem Belakang : Tromol
- Kapasitas Tangki : 4,4 Liter
Yamaha New Jupiter Z
Yamaha yang kukuh tidak menaikan kapasitas mesin jadi 125cc tetep yakin penjualan motor Jupiter Z tetap bagus dan terbukti belum bisa disalip Suzuki Shogun 125 yang dulu berharga lebih murah dari pada Jupiter Z. Kini New Jupiter Z yang sudah mengaplikasikan lampu model R1 (meski rada maksa sih) dan dibuat otomatis nyala, akan mendapat lawan berat dari Suzuki Axelo 125 yang juga menerapkan lampu nyala otomatis.
Meski dengan mesin yang “hanya” 115cc, tarikan mesinya tidak kalah dengan bebek 125cc begitu juga konsumsi bbm yang juga seboros 125cc. Didukung desainer Yamaha yang emang sudah terkenal pintar memoles grafis bodi lebih stylish dibanding merek lain sejak era F1ZR, Jupiter Z pun tetap jadi lawan berat Supra X125 dan jadi lawan sangat berat buat bebek anyar Axelo 125.
Ada sedikit kekurangan yang mengganjal, hanya di Jupiter Z ini kick starternya tidak pakai pelapis karet jadi bikin biker rada licin saat mencongkel tuas starter kaki buat hidupin mesin 115cc nya.
Inilah spesifikasinya:
- Harga : Rp 14.600.000,-
- Panjang x Lebar x Tinggi : 1.930 mm x 680 mm x1.065 mm
- Kapasitas Tangki : 4,2 Liter
- Berat Isi : 102 Kg
- Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
- Diameter Langkah : 50,0 x 57,9 mm
- Volume Silinder : 113 cc
- Perbandingan Kompresi : 9,3 : 1
- Power max : 6,6 Kw (sekitar 8,5dk) / 7.500 rpm
- Torsi max : 9,0 Nm / 4.000 rpm
- Transmisi : Tipe ROTARY 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)
- Rem Depan : Cakram kaliper piston tunggal
- Rem Belakang : Tromol
- Ban Depan : 70/90 – 17M/C 38P
- Ban Belakang : 80/90 – 17M/C 44P
K’lo menurut w,antara kawasaki edge dan new jupiter z,w pilih kawasaki edge,k’lo blapan dngan jrak 1 km di jlan lurus,v k’lo sma supra x 125 dan axelo,edge hrus bertekuk ltut.
ya iyalah kan cc nya beda
Wadhowh…. Makin Bingung nih milihnya… tapi berhubung suberdaya alam kita khususnya BBM tdk bisa diperbaharui… kasian nanti anak cucu kita tidak kebagian bensin.. Milih yang irit BBM aj lah… pinginnya sih sepeda.. tapi sayangnya terlalu jauh dari rumahnya ke kantornya.. dan Sparepartnya selalu tersedia khususnya buat bodi plastiknya yg sering tergores2 karena sering macet di jalanan
aku pilih suzuki axelo
dari style striping & aeorodinamik lebih futuristik, kesan gendut dibagian belakang nol, bagian depan keren proposional.
4 merk 4 motor semuanya punya strategi masing2, new jupiter z & supra 125 R rupanya ga usah terlalu bekerja keras karena imegnya yg sudah diterima oleh masyarakat Ina yg barangkali masalah produk no 2 tetap aja laku, edge hrsnya jgn ngandalin harga aja tp produknya hrs di buat lebih bagus dr beberapa rivalnya, shogun axelo yg satu ini jgn pernah diragukan dr segi kualitas & harganya yg lebih terjangkau rupanya reforma/power lebih ditingkatkan, bayangin aja shogun sp aja dijalanan dah jd lawan tangguh apalagi axelo yg ditingkatkan lebih powerfulnya diatas sp, bodi jg ok, menurut saya ada 2 hal yg kurang di produk ini. 1. tidak dimonoshokan seperti jupiter mx, 2. kurang gencarnya iklan di layar kaca ( ini kan motor kenceng harusnya iklannya lebih menggigit lagi )
iyahhh…
betull.. betul… betulll…
iklannya kurangg
seharusnya lebih jantan gitu …
:p
hahahahahahaha
gw uda beli axelo…tenaga nya mantap, nyaman banget ni motor….apa lagi kalau buat jalan jauh..shock nya jg empuk banget….
Dulu gw pake jupiter z…akselarasi nya bagus, cma posisi ngemudi nya kurang enak dan getaran nya terasa banget…
w jg setuju tuh. .
w jg baru punya axelo nh.
pilih shogun axelo aj deh..!
cuma ngga suka model cakram depan yang ngga dpertahankan dari pndahulunya..
Jupe z cuma menang boros doang tapi klo ngelawan axelo ya jelas menang axelo.ma vario gw aja blm tentu menang tuh si jupe…
Suzuki Axelo kayanya bagus tuh,,,
pembaharuan : desain body kaya VW kodok hehehe………., engine balancer minim getaran, CDI dri Mitsubishi,,,,
Truzz enaknya Suzuki jarang orang yg pakai jdi Bisa beda sendiri,,, “Yang berbeda lebih berkarakter”
gw tetep milih honda supra x 125
apapun yg terjadi
[…] Suzuki Axelo 125 vs Honda Supra X125 vs Kawasaki Edge vs Yamaha New Jupiter Z […]
gw jatuh cinta banget sama axelo r yg merah biru hitam,cariin gambar2nya dong..
axelo yoshimura uda ada bibogor blm si?
harganya 15juta?
ga salah tu?
Kalau aku sih sudah pernah tu bongkar jeroannya axelo ,,,,mulai dari bodi caver semuanya sangat presisi,,,,pokoknya tidak bunyi kalau dipakai jalan yang agak rusak, terus tarikannya mantap, saat distandar double kemudian grip gas diputar ini motor tidak bergetar, balance banget, minim getaran, kalo mesinnya,sudah dibuat lebih oke. pokoknya sip banget.
ya iyalah edge kalah ama supri & shogun, orang cc nya cuma 112, kalau mau yang 125, bukan edge, tapi athlete!
Mungkin karena disain dan mesin yang dipakai masih terlalu “biasa” kali ya, biker tanah air pun jadi gak terlalu melirik buat membelinya. M̲e̲s̲i̲n̲ ̲1̲2̲5̲c̲c̲ ̲a̲j̲a̲ ̲m̲a̲s̲i̲h̲ ̲k̲a̲l̲a̲h̲ ̲d̲e̲n̲g̲a̲ ̲S̲u̲p̲r̲a̲ ̲X̲1̲2̲5̲ ̲d̲a̲n̲ ̲A̲x̲e̲l̲o̲ ̲1̲2̲5̲ ̲b̲a̲h̲k̲a̲n̲ ̲s̲e̲t̲a̲r̲a̲ ̲d̲e̲n̲g̲a̲n̲ ̲m̲e̲s̲i̲n̲ ̲J̲u̲p̲i̲t̲e̲r̲ ̲Z̲ ̲y̲a̲n̲g̲ ̲h̲a̲n̲y̲a̲ ̲1̲1̲5̲c̲c̲.̲
Harga : Rp 13.800.000,-
Type mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53 x 50.6mm
Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 112 cc
Jadi Edge itu 125 cc atau 112 cc???
kebetulan aku mau beli motor bebek buat adek gw, kalo liat spek diatas kalo buat harian aku lebih condong ke axelo 125, tapi kalo buat seting korekan yow pake jupiter, kalo kawasaki bagus motor sportnya daripada bebeknya..
gw dah pake edge..dan setau gw, edge 112 cc, bukan 125cc, salah tu tulisannya..
“Mesin 125cc aja masih kalah denga Supra X125 dan Axelo 125 bahkan setara dengan mesin Jupiter Z yang hanya 115cc.”
wew, sori jek, setara emang, lah wong cc nya aja ga jauh beda, edge 112cc..
lari ga kalah, tapi bensin boros yamaha..gw dah pernah pake mx, mio, scorpio..boros semua, tiap liat spbu, pgn mampir..
klo begicuuuuuu ane pilih axelo aja deh,,,mudah2an emang bener yang terbaik walau kurang promosi di tv wkwkwwkwwkkwwkwwkwk
sekali suzuki tetep suzuki.. aerodinamis, nafas panjang, top speed 120 (artikel lain). tinggal ganti cdi racing motor sport pun ditempel. hidup SUZUKI
sayang FXR 150 ga dirakit diindonesia 😦
Salam,aku pemilik Shogun Axelo 125 dari Selangor,Malaysia.
Aku sekedar mahu tahu,gimana mahu dapatkan/beli cdi racing set untuk shogun
axelo aku.Masa aku pergi bengkel motor,pomen bagitahu cdi racing ori mudah didapati di Indonesia.Teman sekerja dari Indonesia pun ada beritahu disini gampang/mudah mencari cdi racing.Moga teman2 dari forumer ini bisa membantu aku.Kalau boleh,tolong nyatakan berapa harga dan kos biaya penghantarannya.
Moga dapat membantu…
awak mau pesan cdi apa bro…sye bisa bantu..
axelo jarang iklan,merek lain sering ekspos fitur biasa,suzuki ga pernah ekspos fitur hebatnya….:(
Q pilih axelo 125cc R.knapa q pilh?krna sperpat suzuki gk bs dbjak phak lain.hal y q suka dri axelo,dia brani brtarung darena blap atopun darena liar.suzuki axelo jaya terus,gk pa2 iklanny jrg tayg dtv.kn msh da ìnternet ni kok!
w supra ajj lah.
cz paling irit dibanding yang laen.
lari.a juga cepet kq.
wahh…
gtw mw blg apa..
shogun sp gw yg trakhir klwr z larinya ga tanggung..
118km djln udh pasti klwr.. tu msi standart.. gmn lg axelo ya..
ah masak cmn 118??
shogun SP ku aja standart larinya 120 ….
hmmmm
tp dy konsumsi pertamax..
hahahahahahah
🙂
salam kenal yah …
kalo cari irit honda
kalo cari irit dan aftersales honda dan yamaha
kalau cari performa suzuki
moto nya aja udah pada tau
“shogun dilawan”
Shogun emang edan larinya…mulai dari jaman shogun kebo sampe axelo mantap speednya..gw pnya shogun sp th 05 msh bisa lari 125kpj itu pun blm gas pol..klo cuma jupi series aja gw ladenin..
Sales Honda. . . .
Sebenernya yg paling bagus adalah Axelo.
hanya untuk membangkitkan image akibat pejualan Smash110 2002-2005, & Shogun 125 2003-2005. lah yang susah.
konsumen keburu kabur, padahal produk2 suzuki selanjutnya setelah Smash Revo keluar & New Shogun R, adalah produk yg bisa dikategorikan baik.
kita lihat saja apa yg akan terjadi. Suzuki Tunjukkan Aksimu.
sekarang dah g jamannya ngebut,,,jalanan dah pada macet,,,,,mending yg irit aj,,,,hsx125 buat perjalanan jauh jg mantab,,,,,makin jauh,,,makin krasa selisih bensinnya,,,,
trikan axelo emang lbh enak ,sma jg dgan titan gw karaktr mesin g jwh bda yg powerx 8.4hp n torsix 8.9nm.titan mantap .
Orang-2 Suzuki itu memang nggak niat jualan, nggak spt Honda & Yamaha, Sales-2nya juga pada masa bodoh. Lihat saja dishowroom Suzuki, brosur saja mereka nggak punya. Nggak tau apa yg ada diotak para manager-2 Suzuki itu. Walau produk mereka bagus nggak mungkin bisa menyamai penjualan Yamaha apalagi Honda.
mf dikorkesi,
Orang-2 Suzuki itu memang nggak niat jualan, nggak spt Honda & Yamaha, Sales-2nya juga pada masa bodoh. Lihat saja dishowroom Suzuki, brosur saja mereka nggak punya. Nggak tau apa yg ada diotak para manager-2 Suzuki itu. Walau produk mereka bagus nggak mungkin bisa menyamai penjualan Yamaha apalagi Honda.
kata siapa suzuki gk niat jualan dan gk ada brosur spesifikasi produk2x mereka. weleh2x. saya pnya New Shogun 125 SP thun 2007 akhir,dah ada ko yg namana brosur dari dlu juga. suzuki hanya kurang dipromosi saja mas, itu juga karena terkendala cost promotion gk kaya honda dan yamah yang berlimpah uang dari hasil penjualan produk2xnya.
Bohong banget, di setiap dealer suzuki pasti ada brosur….yaaa pastinya gak pernah masuk dealer suzuki, ka wong ga demen apalagi niat beli ha..ha…
sebelum mengomentari hal yang tidak pasti, sebaiknya akang KULIMALAS ini melakukan observasi dulu, biar nanti komentarnya tidak rancu…oke. terima ksih….
ahahah koplak bangad ni orang
kocak neh artikel… masa kawasaki edge dibandingkan sama bebek2 lain yang cc-nya 125.. ya maaf saja aga kurang adil jika membandingkan motor yang beda cc-nya.. seharusnya perbandingan antara honda supra x 125, suzuki axelo 125 dan kawasaki athlete 125.. baru adil.. saya punya kawasaki athlete 125.. yah lari 120 km/h juga biasa-biasa saja. jadi apa hebatnya?
120 km/h biasa2 aja???? gw pake sw aja baru 100/jam lumayan ngeri, soalnya jalan raya, ni 120 perjam biasa2 aja????…………disentul mungkin iya.
pilih axelo 125 SP yg pke kopling…………
setuju.
w dah punya bro.
ayo buruan beli .kita dukung sales produk suzuki.
Q plih Axelo,,,wlu krg mke supra x 125 cw thun ’07,,,,Q ttp plih Shogun,,krna mng dya yg trbaik,,,
sngat pngen mmlkix,,cm sprpart mhalx t yg bkin aQ mndur,,,
mdh2n Suzuki ttp jaya n masih ingn mmprjuangkan Motorx,,jgn mobil j!!!
aku punya Suzuki SHogun Axelo ……… wew lari nya mantap deh… tarikan ok… ga bergetar walaupun gigi 2 sdah di 60 kpj …….. memang produk suzuki is the best lah ……..
tpi kekuranganx…. lampu belakang nya aku gak suka ……… klw yang laen x siip dah ….
smpai2 aku punya 3 motor type shogun d rumah … ( SHogun 125R 2005, Shogun 125RR, n Shogun Axelo )
SUZUKI IS THE BEST
Shogun di LAWAN …
By PUtrapan
intinya klo kita pilih motor kalo menurut saya pribadi, dan mf kalo beda pendapat :
Mesin = 1. Kualitas mesin (Mesin Bandel alias tidak gampang rusak disaat kondisi berat),
2. Performa Mesin (Power & Akselerasi, top speed),
3. Konsumsi BBM ( 1 lt tidak boleh kurang dari 40km).
Rangka dan model 1. Kenyamanan dan keamanan (desain rangka, Posisi Berkendara,
dan ada fitur safetynya dan body yg aerodinamis salah satu
faktor keamanan juga),
2. Model (Versi sport or Elegan gk masalah, sesuai selera masing2x aja)
Harga dan Merk. 1. lebih selektif dan jangan tanggung beda harga dikit tpi dapat fitur
banyak (cakram depan-belakang, Kunci anti maling, dan fitur AHO
diantaranya.
2. Merk (terserah anda mau Honda, yamaha, suzuki ataupun kawasaki itu
hak privasi anda.
note : – dalam kategori ini suzuki shogun axelo paling paling yahud, liat saja secara detail
satu persatu.
– Shogun Axelo the best
– Kawasaki Edge dan Yamaha Jupiter Z tidak boleh disamakan dengan dua motor
diatas sebelumnya karena beda cc (harusnya sama Honda New Blade 110 R dan
Suzuki Smash Titan 110 R). kecuali apabila dikategorikan dalam soal harga boleh2x
saja.
terima kasih, semoga bisa membantu. itu hanya pendapat pribadi saja, selaku pengguna motor yg pernah memiliki Honda Supra X 125, dan sekarang saya pake new shogun 125 SP,
buat apa beli yang mahal kalo yang murah aja udah dpet barang yang super high end.
Sudah terbukti yang nulisnya “PASTI” Honda Mania. . . .
itu dulu,…….sekarang kan dah ganti haluan. pindah ke lain hati hhehhehe………suzuki and kawasaki the smart choice……..
Biar gmana pun jg, gue ttp plh HSX 125.
Nafasny pnjang, pa lg gigi 3nya, gue prnah gas smpai 105 kpj
Beneran gue, gk bohong.
Biar gemana pun jg gue ttp plh SUPRA X 125, coz pas bwt kseharian, baik d jlnan macet atw prjalanan jauh.
Yg bwt gue suka ne, nafasny panjang buaangeeet, gue sring ngebejek gigi 3ny smpai 105 kpj, mskipun hsx gue ud 3 tahun.
yah gan baru 105km/jam aja di banggain , shogun sp ane juga bisa , heheheehe
tapi dah ganti cdi racing sih hehehe
gigi 3 nya jadi 110km/jam
hehehe ( peace)
gue pilih axelo dahhhhhh…….
kenapa ??
krn axelo lebih kncang dr pd yg laen ..
drmh motor gue shogun SP
gua pnh balapan m supra 125 n shogun rr …
dari start ampe finish SP gue di depan trus ..gigi 3 SP gue 109 ..
hahahahahahahah
apa lg axelo ??
pasti ud kek setan larinya …
hahahahahah
GO GO axelo…
Ri sjak kluar suprax 125 mpe’ skrng lom da yg lbh knceng…
Q pnya cs1 n kirana, kirana gi2 2 mpe’ 90, 3 mpe’ 115, 4 lom prnah pol tp udh mpe’ 125 tu stndr, kmrn q cba pke’ cdi brt, gi2 3 mpe’ 125, tu lom pol gas, lx gx pcya slhkn d cba, lx gi2 2 gx mpe’ 90 brarti lom bsa mke’ mtor kncng…
Ri dlu q blpn lom prnh klah ma gnerasi shogun…
betul itu ….. AXELO is the best ……..
smpai2 Shogun 125 R 2005 gue …….. gue rbah warna nya sperti Axelo Racing Edition ( Hitam Biru Putih ) ……
Eeeaaaeee
Ono opo iki? Kok ribut2?
Kalo mau pilih motor bebek ya terserah aja. Mau yang kenceng, irit, ataupun nyaman yaa itu balik ke selera masing2.
Motor aye shogun sp ’09. Lari ok. Boleh diadu sama Mx, pulsar135ls, dan cs1. Asal yang bawa punya skill, kalo nggak bisa2 disalip sama bebek2 115cc –, hehe
*sp aye pernah menang lawan mx di trek lurus jalan tegar beriman, pemda cibinong. Boleh dicoba~
emang shogun enak dah tarkan nya uda terbukti
kalo ga percaya cobain aja gan
mas mas semuanya…
saya rencananya mau ambil shogun axelo double cakram yang special edition biru putih hehehehe
tadi saya sempat baca ada axelo yang versi yoshimura.apaan tuh mas…?
kalo ada yang tau, minta infonya dong.sama fotonya kalo ada.
thank you mas mas yang baek 🙂
waduh, Edge bukan lawan yg seimbang untuk Honda Supra 125 & Axelo. Harusnya kawasaki Athlete 125
hahahaha..
Gw ngkak dah baca coment2 na dari atas ampe bawah n trnyata lebih bnyk pro shogun, hebat euy.. tpi emnk bener shogun lebih knceng di kelasnya, coz supri 125 qu pernah drag 1 kilo ama si shogu sp lama 125 pnya tmen n sama2 standar abis, tpi cuman beda 3 ban aja aq kalah.. tpi klo axelo ini gk tau apa knceng kgk coz blum prnah coba n jujur tarikan shogun sp ok bngt dah
Sumber: PENGALAMAN
waaah shogun top abis daah waktu itu gua pernah kcelakaan pd kcptn 100km dengan shogun125 thn 2004 walaupun bodynya brantakan tetep aja mesinya masih nyala
gak kaya blade jatoh di kcptn 50 aja mesinya udah modar
KISAH NYATA JUPITER MX MASIH STANDARD, LARINYA SAMPAI 153 KM/JAM, LIAT AJA KALO GAK PERCAYA….
nyetirnya 1 tangan tuh?
yang saya heran garis markanya kok pelan ya lewatnya… hemmm…
gw pilih axelo, hemat dan kencang, supra x125 sering-sering rusak bokap gw yg make, lagian rata-rata yg pake supra x 125 opung-opung yg udah tua katanya biar bisa jalan lambat.
motor keluaran terbaik tahun ini i2 AXELO …. dah hemat, kencang, desain nya keren, dan msih bnyak lgi …………. d banding dengan MX 5 speed BOROS banget ……….. dan supra X helm in blum trlalu mnarik bagi masyarakat ……
bgaimana menurut anda ????? apakah anda memilih New Jupiter MX 5 speed atau Supra X Helm In ??????
Untuk saya yang notabene masih mahasiswa harus hidup hemat n ttep rajin kuliah, saya pilih supra x125. Biaya bensin masih pas.
Lari okelah, diajak ngebut waktu terlambat kuliah..hehehe
Cocok untuk anak kos mantan pembalap liar era SMA.
klo so’al performa mesin suzuki memang gk perlu diragukan lagi..
aq pemakai kendaraan suzuki dri spda motor smpai mobil..
semuanya sangat hebat diperforma mesin..
khusus shogun,aq pkai shogun injection 09′..tpi aq agak kecewa ni bro..so’alnya shogun FI kok pke sensor segala diknalpot?..jdi aq gk bsa gnti knalpot racing..:(
kapan ya suzuki keluarin motor sport 250nya ya..
so’al ny uda lama nian aq menunggunya..
aq dlu pkai thunder 250performa ny sangat hebat..
tiger ,scorpio gk sanggup lawan thundie aq..
wktu lwan warrior,thundie qu cuma mampu nempel aj..
ayo suzuki keluarin dong jagoan 250nya biar gk besar kepala terus kawasaki warrior tu..
aq yakin suzuki masih ganas dimesin..
buktinya suzuki hayabusa masih menjadi motor tercepat didunia..
sumpeh lu, belum pernah lihat di youtube ya “suzuki hayabusa vs kawasaki zx 14 R” lihat dulu baru komen, siapa yang tercepat.
shogun FI aq kok keok lawan supra qu ya?
kemarin aq uda coba tes drag d’kawasan ringroad kota medan..
shogun qu cengap2 lwan supra diputaran atas..
tpi shogun msih garang diputaran bawah..
start awal shogun mampu ninggalin supra,,namun ketika suda msuk gigi 4,shogun qu malah cengap2 eh malah supra qu yg santai melibas shogun qu..
joki ny adalah kwan tetanggaqu..
mohon penjelasan ny mas knpa shogun FI kok kalah ama supra diputaran atas..?
shogun FI qu hanya mampu top speed 115kpj..sdgkn supra qu mampu top speed 123kpj..
mohon penjelasannya mas..
tergantung joky nya brow
weeleeh2 ama ZX ane aja bro2 skalEan klo bicara nxa soal lari mulu
Agus cs
Ri sjak kluar suprax 125 mpe’ skrng lom da yg lbh knceng…
Q pnya cs1 n kirana, kirana gi2 2 mpe’ 90, 3 mpe’ 115, 4 lom prnah pol tp udh mpe’ 125 tu stndr, kmrn q cba pke’ cdi brt, gi2 3 mpe’ 125, tu lom pol gas, lx gx pcya slhkn d cba, lx gi2 2 gx mpe’ 90 brarti lom bsa mke’ mtor kncng…
Ri dlu q blpn lom prnh klah ma gnerasi shogun…
stau ane emang supra nafas giginye panjang, ane udah pernah make waktu ane bawa jalan2 di daerah pandeglang, jalanannye kan panjang tuh.ana niat bwt nyari tau tenaga ni motor.emang nafasnye panjang, tapi kempos bro,,, gigi 4 nya cm ngalusin gigi 3 doang,, ga da tenaganye,, ga sengaja ktmu shogun sp dsana ane coba geber biar dy panas, eh dy ngladenin jg. ane sm2 betot gas, dari gigi per gigi dy kalah panjang sama supra ane, eh ud msuk gigi 4 dy makin kenceng, ga ngejar bro…ane msh gigi 3, masuk gigi 4 ttp aj ngak ngejar. akselarasi dy menang dah, walaupun giginye pendek2. maap bkn ngjatohin, tp ane ud ngerasain sendiri.
mending komparasiinnye sama athlete dah, jangan sama edge,, jelas beda kelas. yang ane pernah cobain athlete tuh gokil di gigi 4. patut di coba.walaupun gigi bawahnye berat amit2. tenaganye full power di gigi 4. berdasarkan empiris ane sih,, (^_^)
iya iyalah SHOGUN SP gitu lho..ane punya MEGA PRO DIJALAN ANE GEBER AMPE HABIS GAS..EH TERNYATA ADA YANG NYOLONG YAITU SHOGUN SP..JADI MALU ANE…WKWKWKWK
neh aq jujur aq pengguna axelo s merah,,,, kecepatan nx asli pas 120 aja,,, klbihan nx adalah naek nx cepat……ssuai dgn nma nx axelo axelration….. shgon sp mank klah udah d cb
Smash gue berani lok cm sama Sx125,sigesit irit,,
-honda irit tp gak lari
-yamaha lari tp gak irit
– JELAS Suzuki irit dan ngacir…………………………………WAY OF LIFE
Desain engine suzuki memang dirancang biar kenceng tapi irit,awet tapi murah,,nah saking ngiritnya sampe biaya iklan+bayar karyawannya pun ngirit,,
supra emang top. lari 60kpj cuma sedikit buka gas.kl motor lain hrs meraung dulu baru sampe 60kpj .torsinya yahud.buka gas dikit lngsng nendang.
kalau saya meilai motornyadr tenaga,, bukan pd larinya,,karna memang urusan kecepatan,aya tergolong penakut,shogun saya hanya pernah sy pacu di 110 kpj di jalanan lurus dan sepi,,tp sy penah membuktikan,,di jalanan mendaki dan kurang rata,, supra 125 yang hanya dibawa pengendaranya sendiri seakan tak berdaya jika di bandingkan dengan shogun yang berboncengan,, bahkan saya yakin,, supra masih tidak lebih kuat dr smash titan,,, soal kecepatan sich,, saya ga pernah adu…..
Hmm, jadi pengen ganti ke axelo ni….
Karena saya pemakai suzuki ,saya memilih axelo ajh
: Pengen motor yg bisa mlaju cepat n gesit, lincah dan irit
yang keren, ini versi gue, miih AXELO deh…
kepincut sih…hehe…
saya dari dulu sampai sekerang merupakan penggemar suzuki, kalo saya pilih axelo top speed mantap akselerasi mantap, mesin mantap, sebenarnya sepeda motor suzuki bagus tapi cuma kalah iklan doang … suzuki mantap …….
sekarang liat fakta di lapangan…motor paling banyak penjualannya apa?? suzuki jauh mw lawah honda,lawan yamaha aja terseok2.. liat moto gp ada ga merk suzuki masuk 3 besar…?? ya tetep honda/yamaha+ducati..
moto GP it tergantung skill joki bro..
cris vermeulen memang blm sejiwa dgn tunggangan ny..
superbike suzuki msih megang..
motocross suzuki jga msih megang..
sudah ad fakta bro
ane tetep pilih axelo …
yang lain maa pada gag jelas..
waduuhh.. sapa bilang honda sekarang paling irit.. ck ck ck.. open your mind.. banyak tuh hasil uji BBM.. mo test cara hemat apa gaya jalanan sehari hari..
– untuk injeksi Mio J paling irit.
– untuk karburator S. NEX paling irit plus akselerasi 0-60 kpj paling cepat..
jangan jadi korban iklan.. urusan penjualan sedikit biar jadi urusan pabrikan.. guwe sih lebih mikirin yang mantap dipake hari2… suzuki emang woke..
wahh keren” semua, tadi liat supra gigi 3 105 kpj bangga amat hehe, om punya shogun 110 taun 2000 gigi3 juga 105 kpj biasa aja, buat mx lawan dulu tuh shogun kebo 97′ semua tergantung…
– joki
– perawatan
– minum apa (prem ato pertx) ngaruh di tarikan atas kalo pertamax bro
– sama nyali paling penting, percuma motor kenceng nyali ga ada bro.haha
semua punya keunikan masing” yang membuat konsumen lebih bisa memilih…
lha itu ngapain bawa” moto gp? megang bebek bore up buat drag aja belum tentu mampu. make bawa ducati segala ini masalah bebek bro… tetaplah di koridor okeh brother…
suzuki axelo mesinya rapuh bgt, sbentar2 mampir k bengkel, jadi saran gw jgn pnah salah pilih mtor deh
smua motor yamaha maunya lari doank tp kebirit2 beda ma suzuki gasnya halus ga bnyak getaran tiba2 dah di depan hehehe
kemaren bro gw pake axelo tabrakan di kecepatan 120km
baru kridit udh jadi bangke
untungnya gw masih idup
jgn beli axelo
cukup gw aja yg punya biar ga da yg nyamain
haha….
Axelo mantap, aku pakek nih motor dan enggak ada masalah. Buat tarikan oke bangetlah. Top speed yang pernah tercapai 120 kpj. HSX 125? Lewat. Hidup Suzuki
image klo hsx 125 ngirit ngga jg kaleeee….abang gw punya iki hsx 125 pgm-fi 08, hheeeee…jangan kemakan nama besar dwehhh hhoohohohoho, bener tuh harganya overprice + biaya perawatan mahal….seh enakan shogun kebo warisan babe gw huhuhuhuhuhu…..bener partsnya suzuki mahal tp kan jarang ngganti tow, coz sampe skrg dah 15 taon masi orisinil abizzzzz…
Wah ane sih tetep pede ma kawasaki EDGE brow (udah 2 tahunan makenya)… udah kebukti tenaganya gede bgt.. irit bensin juga koq.. apalagi suara knalpotnya, beuhhh gagah brow.. sparepart emang rada mahal, tapi kagak nyesel dah ma kepuasan berkendaranya…
klo w kawasaki edge bodinya mantaaap…
[…] ardyaweb.wordpress.com […]
Yakin lu shogun bisa 120 km/jam, jangan berpatokan pada spido bos! Gua baru beli axelo sebelumnya supra 125 ’07. gua pakai axelo, adik gua pake supra. perbedaannya: 1.axelo kala napas ama supra, 2. jalan jauh performa axelo ngedrop banget ngejer 100 km/jam lemot, pas sama dengen supra adek gua. gua nyengir axelo gua sampe 120km/jam eh dia nyusul. Gua bingung sejak kapan supra bisa lebih dari 120km/jam??? sejarah supra pakean gua lama. pas istirahat gua tanya berapa speed supra lo tadi?? 115 km/jam kurang sikit. Adik gua, Lo berapa: 120km/jam habis pole. Jadi nyesel gua ambil axelo, mending gua ambil helm in yang katanya power bertambah. Kalo mx susah perawatanya dan mahal biaya perawatan, tidak cukup hanya ganti oli. Jadi gua rasa performa jalan pendek shogun setara ama mx dan okelah, tapi jalan jauh shogun disetarain ama revo. Fakta gitu, Raja jalanan jauh memang performa mesin honda tak tertandingi dari matic sampe sport semuanya jadi touring.
Speedometer suzuki jauh dari akurat. . .
yg paling akurat versi analog itu
1.yamaha
2.honda
3.suzuki
coba aja tes sendiri pake gps, paling suzuki yg kata.a 120 km/h itu cuma kisaran 105-110 km/h
Betul tu mamang di atas. Honda motornya petualang, Yamaha mau nyayingin ketangguhan honda aja harus pake liquid cool baru bisa jalan jauh. Kita liat aja motor scorpio ada dibawa touring? JARANG Mr. Bikers. Karena ape, habis touring bongkar mesin.
Saya lurusin nih, sebenernya urusan pendingin cairan itu kan karena kompresi tinggi. Coba tengok Vario dan CS1, pake pendingin cairan juga kan ?
No offense, saya bukan fanboy manapun, di hati saya cuma Astrea 800 punya babe 😀
bagi saya mrek apa aja yg penting jgan merk HONDA…uda capek ditipu HONDA.. mulai tahun 2000 ampe 2007…boros,lemot, jalan jauh kadang suka mati sendiri…pengalaman saya dulu pake supra x,karisma dan supra x 125 dan skrng honda beat..honda dipake 6 bulan bodi getar semua, honda beat borosnya gak ketulungan…supra x125 dipake jalan 100 km langsung mati, berhenti 30 menit baru hidup lagi…padahal teman2 komplek yg make shogun,egde,jupiter z,jupiter mx gak ada masalah…yg paling gw malu ada ketika kami semua teman komplek perumahan touring ke SUMBAR, teman saya belom ngisi bensin saya malah udah ngisi padahal perginya sama2 full,sebelom nyampe sumbar motor saya udah mati,motor teman2 saya malah tambah gila…akhirnya teman2 saya jadi nunggu mendinginkan supraku 30 menit agar bisa hidup kembali.
Wah…. Motormu aneh Coy.. Saya Pake Supra x 125..So Far So Goood tuh.. sejak tahun 2009 sampai sekarang aman2 saja.. bahkan tiap hari 50km lebih Saya pake.. ngak pernah kebengkel kali..di oprek2 sendiri.. atau jangan2 bengkelnya nggak jelas..
Aku punya mtor axelo 125. .
Mtor nya emang ad kelebihan. .
Empuk nya itu saat dbwa. .getaran nya seakan tak terasa. .
Sangat menikmati. .
Tpi ada kurang nya. . .
Yaitu shock blakang. .
Klu pas tikungan slalu gx imbang
1 lg. .starternya sring mti. .
Slebihnya unggul dri mtor laen. .
Itu menurut aku.
shogun 125 RR thun 07 saya berjalan mulus mentok di 100 km/jam dengan isi 3 orang(saya dan 2 tmen saya)….
mesin standart …ban alus kayak pipi..minum premium…
kebayangkan betapa awetnya shogun…
supra 125 lumayan cepet juga,
minggu kemarin ada yang naik SUPRA X 125 dibawa sruntulan, Kalo dilihat cara bawanya sampai nunduk2 sih pasti pol polan karena kebetulan sekali jalan kosong. Sebenernya ane juga udah jalan kecepatan sedang lah kisaran 80 kpj. Penasaran sama top speed supra 125 saya buntutin di sampingnya (jalur BSD lebar) di speedo motor saya menunjuk angka 110 kpj gak lebih. Udah tahu top speed dia, ane kembali pake riding style semula.
Menurut saya lebih enak bawa CS1 dibanding SUPRA X 125 karena pengendaliannya lebih mudah plus tenaga putaran atas menggila tapi kudu mesti minimal RON 92.
Kalo buat sekarang kalo ane di suruh milih mending SUPRA X 125 karena dengan bensin PREMIUM murni performa kendaraan tetap dalam kondisi prima. Sedangkan type lain yang kompresinya lebih besar apabila di berikan PREMIUM murni performa motor semakin lama semakin menurun apalagi yang sering geber di RPM tinggi.
Semoga aja mesin kompresi rendah (tiger, blade, supra) gak di discontinued karena rencana mau beli motor lagi dan diisi pake bbm bersubsidi. Secara RON 92 harganya …..
orang yg beli suzuki & kawasaki, adalah orang yg banyak duit. ga mikirin harga jual. kl mau mikir harga jual, kasihan orang2 dealer motor bekas,, nanti di bilang mau saingan. kesan sparepart mahal yang penting awet & bukan barang palsu.
w pnya supra 125.jupiter z,honda blade.shogun 125rr.dan shogun axelo..mnrut w yg plng mantap tenaganya cuma shogun rr dan axelo.dan mesinnya pun meski udah 5 th.blum pernah di bongkar.suara msh halus gak da gtaran.klo supra 125.blade dan jupiter.suara mesin kasar.dan bru 3-4 th. udah minta di bongkar mesin.
new shogun sp aku tembus 130 km, kondisi standar hanya potong 9 ulir sock depan biar kaga goyang
Axelo boss….sama2 motor jepang kualitas n performa mesin boleh diadu,sparepart mau mahl pling beda berapa puluh rebu perak tp awet sama kwalitas nya jgn kira…
orang milih motor sesuai keinginanya, ada yg pengen hemat juga bagus,meski sedikit mahal, ada yg gaya-gaya an, ada yg hemat cuga murah yg penting gak jalan, ada juga yang berkeinginan motornya nyaman joknya empuk shocnya nyaman di berbagai medan, mesin bandel ya pilih shogun 125, contohnya ya saya. menurutku kepuasan melihat bodi motor, kenyamanan, ketangguhan hanya ada suzuki,
saya pernah baca di suatu web … kalau ke empat produsen motor Indonesia itu sparepartnya di buat dalam 1 vendor (1 pabrikan) …. & setelah di wawancarai mereka memberikan sdikit bocoran kalau langganan mereka yg pling di suka yaitu Suzuki karena setiap ada sparepart yg di buat, suzuki tdak banyak bicara soal bahan yg di gunakan dan suzuki ingin kan kualitas yg sesuai standar MOGE nya (GSX-R) jadi wajar kalau Sparepart suzuki mahal… gak seperti honda yg menekan harga sampai2 vendornya sudah pusing untuk pilihin bahan yang sesuai dengan harga yg sangat2 murah dari honda …
Yamaha dan Kawasaki pun gitu tpi gak separah honda …. dan hampir semua karyawan disana itu pakai Suzuki … karena takut harga murah tpi rumahnya di bengkel
menurut ane lebih baik pilih supra x 125r irit banget bikin dompet birisi, kompresi hanya 9,0 jadi aman pake premium untuk jangka panjang, nyaman banget kalo di pake nggak bikin pegel, dan harga jual kembalinya juga tinggi bro..
baiknya judulnya diganti. jangan supra x125 vs edge vs axello vs new jupiter z dong.
ini harusnya —> kawasaki athlete vs City sport 1 vs Suzuki axello vs new jupiter z
yg bener tuh athlete,supra 125 & suzuki axello.(klo jupiter beda cc cuy).
klo cs 1 udah beda tipe mesin cuy(bentuk bukan cc)
Stuju… saya pilih shogun axello,emang modifnya bagus
kalo untuk kelas 125cc ane percaya keawetan mesin & kestabilan body Shogun Axelo ini.
cz ntu mesin shogunFL hasil penyempurnaan ShogunFD yg mengalami perubahan mesin cukup drastis pada tahun 2007. cuma kurang komunikasi edukasi teknologi aja dari pihak suzuki.
inget ini mesin basis Shogun FL bukan ShogunFD yg terkenal si raja getar. mesin ShogunFL terkenal minim getaran, & rangkanya stabil, beda banget deh dengan FD series yg tenaganya joss tapi geter banget & handlingnya rada kacau. walaupun sama2 awet dalam hal durabilitas mesin.
lagian Axelo bodynya gak jelek ah, mungkin yg bilang SupraX Sporty itu karna efek dari nongol di motogp aja. coba kalo suzuki menang di motogp, pasti ni Axelo keliatan lebih racing dari supra.
inget tahun 2000 awal, motor2 Suzuki terlihat Racy walau motornya bebek Shogun, cz tahun 2000 an Kenny Robert.Jr juara pake Suzuki.
terbukti masyarakat indonesia lebih percaya sugesti motogp, cz Atpmnya gak jualan moge 1000cc sih.
Ane pilih shogun axello…soalnya kesannya ekslusif…kl supra sudah sering lihat. peace 🙂
Mau tahu info detail tentang shogun axello mampir di http://www.dealermotorsuzuki.com
[…] Komparasi bebek suzuki axelo 125 vs honda supra x125 vs […]
Bro Bro Bro
Bak kopling shogun axelo sama gak sama shogun sp
Yang tau jawab yah bro