Komparasi Samsung i5500 Galaxy 5 vs Nokia X5 vs Sony Ericsson Hazel

Hape kelas low-midle end termasuk pasar paling gemuk di Indonesia, bahkan bisa didunia juga. Karena memang kelas ini produk-produk yang ditawarkan mengandung banyak fitur sekaligus ramah kantong konsumen. Ketiga merek ini menawarkan sensasi berbda-beda, jika Samsung i5500 full touch screen, Nokia X5 model qwerty-slider, lalu Sony Ericsson Hazel bentuk candy bar slider.

Samsung i5500 Galaxy 5
Ponsel ini masih terlihat fresh karena memang barusan dirilis, jika kepincut performa sistem operasi android yang lagi ngetren dikalangan smart phone mania, konsumen tidak perlu membeli ponsel pintar mahal buat ngrasain si android tadi karena di Samsung i5500 sudah dilengkapi android versi 2.1 (Eclair). Yang jelas OS android ini berbeda dengan android-android yang ada dihp-hp china merek lokal yang hanya dicemplungi android versi gratisan standar abis.

Ponsel asal korea ini dibanderol paling mahal ketimbang Nokia dan Sony Ericsson yaitu berharga Rp2.000.000,- karena punya kelebihan sudah mengaplikasi teknologi touch-screen. Samsung juga membenamkan fasilitas A-GPS yang gak ada di Nokia X5 tapi ada di Sony Ericsson Hazel. Jika mau internetan, Samsung sudah memasang kelengkapan akses 3G/HSDPA berkecepatan 7,2mbps sama dengan kompetitor lainya.

Sektor multimedia seperti pemutar musik/video rata-rata juga mirip. Sayangnya disektor kamera, ponsel full layar sentuh ini hanya bisa sebesar 2mp, itu jelas paling kecil dibandingkan konterstan lain yang sudah 5mp apalagi belum dilengkapi auto fokus dan lampu flash, sehingga hasil gambar sangat mengecewakan mengingat harganya paling mahal. Untung ada fasilitas lain seperti geo tagging dan smile shot. Kekurangan lain tidak adanya kamera sekunder untuk video call.

Berikut spesifikasi lengkap Samsung i5500:

  • Harga: Rp2.000.000,-
  • Dimensi: 108 x 56 x 12.3 mm
  • Berat: 102g
  • Layer: TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 240 x 320 pixels, 2.8 inc
  • Kecepatan data: GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA 7,2mbps
  • Akses data: WiFi dan Bluetooth v2.1 A2DP
  • Kamera: 2mp, tidak ada auto focus, tidak ada lampu flash, ada geo tagging, smile shot
  • Musik: standar MP3, MP4, 3GP, speaker 3.5mm
  • OS: android V2.1 (Eclair)
  • CPU: 600MHz processor
  • Browser: full HTML
  • Warna: hitam
  • GPS: support A-GPS standart
  • Aplikasi: Google search, Google map, Gmail dan Youtube
  • Baterai: Li-ion 1200mAh

Nokia X5
Nokia sudah menganggap pasar Indonesia merupakan pasar penting, terbukti beberapa produknya dilaunching dan diluncurkan pertama kalinya di Indonesia, seperti C3 dan X5 ini. Kehadiran C3 yang fenomenal beberapa bulan lalu membuat pabrikan Finlandia itu ingin mencoba peruntungan lagi dengan mengeluarkan hape qwerty kelas menengah X5 tapi dengan model yang gak biasa yaitu qwerty plus slider.

Jika slide ditutup, ponsel ini akan berbentuk kotak simpel dan ringkas. Karena berbentuk qwerty, ukuran hape ini jadi paling bongsor ketimbang i5500 dan Hazel, bobotnya pun paling berat. Ukuran layar paling kecil dan nanggung cuma 2,36inci gak sekalian 2,4inci aja ya tapi resolusinya sama dengan i5500 dan Hazel yaitu 320×240 pixel. Seperti dua ponsel lain, X5 juga sudah dilengkapi teknologi acelerometer untuk “membolak-balikan” layar sekehendak pemakai.

Multimedia X5 rata-rata mirip dengan kedua rival, kamera resolusi 5mp juga sama dengan Hazel, hanya belum dilengkapi auto fokus jadi pengambilan gambar kurang memuaskan khususnya indoor, beruntung sudah dilengkapi lampu flash. Kalau sektor musik/video rata-rata sama, hanya sudah dilengkapi speaker 3.5mm seperti i5500. Kalau ingin menulis dokumen, X5 sudah menginstal Microsoft Office Word, Excel dan Power Point.

Kelebihan X5 ada di memori eksternal yang paling besar bisa menampung 32GB, dalam paket penjualan pun sudah disertai bonus memori eksternal 2GB. Ponsel ini sudah diinstal sistem operasi jagoanya Nokia yaitu Symbian S60 3rd edition. Warna-warna yang disediakan paling beragam dibanding i5500 dan Hazel cocok banget buat anak muda yang suka warna ngejreng. Sayangnya hanya X5 yang tidak ada fasilitas A-GPS.

Yuk intip spesifikasi X5:

  • Harga: Rp1.800.000,-
  • Dimensi: 74.3 x 66.4 x 16.9 mm
  • Berat: 129g
  • Layer: TFT 256K colors, 240 x 320 pixels, 2.36 inc
  • Kecepatan data: GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA
  • Akses data: WiFi dan Bluetooth v2.1 A2DP
  • Kamera: 5mp, tidak ada auto focus, ada lampu flash
  • Musik: standar MP3, MP4, WMA, WAV, 3GP, speaker 3.5mm
  • OS: Symbian S60 3d edition
  • CPU: 600MHz processor
  • Browser: full HTML
  • Warna: PiNokia, Azure, Graphite Black, Yellow Green, Purple
  • Aplikasi: Flash lite, Ms Office (Word, Excel, PowerPoint)
  • Baterai: Li-ion 950mAh

Sony Ericsson Hazel
Hazel merupakan kakak kembar dari Elm yang sama-sama seri J, hanya bedanya kalau Hazel itu slider tapi kalau Elm kotak biasa tanpa slider. Jika dulu seri J merupakan seri yang berspek biasa-biasa saja, kini Sony Ericsson merevolusi menjadi ponsel kategori lifestyle apalagi dengan embel-embel GreenHeart itu berarti termasuk gaya hidup yang ramah lingkungan.

Kebiasaan soner bikin ponsel kotak kaku sepertinya gak diterapkan di Hazel, karena pada punggung hp berbentuk melengkung sehingga sangat nyaman digenggam, dipadu keypad model rata menambah kesan elegan.

Meskipun slide ditutup, bentuk batanganya tetap nyaman dipegang apalagi layar 2,6incinya menambah jelas mata saat berinteraksi dengan isi ponsel, tidak seperti X5 yang hanya berukuran gak sampai 2,4inci. Seperti ponsel Sony Ericsson kelas menengah lain, Hazel menonjolkan animasi menu yang stylist, lebih enak dipandang ketimbang Nokia X5, tapi masih kalah dengan androidnya Samsung i5500.

Multimedia pemutar musik/video bisa dibilang sama kualitasnya, tapi sayangnya hanya si Hazel yang belum membenamkan konektor speaker 3,5mm jadi soal suara masih susah diupgrade, selain itu hanya Hazel yang belum diinstal sistem operasi apapun. Disektor kamera yang beresolusi 5mp, soner Hazel paling lengkap fitur-fiturnya seperti auto focus, LED flash, geo-tagging, face dan smile detection sudah terinstal diponsel ramah lingkungan ini. Koneksi jaringan juga paling superior karena mampu bermain dikanal HSPUA 2mbps tidak seperti yang lain mentok di HSDPA. Mengingat harga ponsel Sony Ericsson Hazel lebih mahal dikit ketimbang Nokia X5, dengan kelebihan-kelebihan seperti itu rasanya hape ini lebih murah dari X5 apalagi juga sudah dilengkapi A-GPS seperti pada i5500.

Ini dia spesifikasinya:

  • Harga: Rp1.850.000,-
  • Dimensi: 102 x 49.5 x 16 mm
  • Berat: 120g
  • Layer: TFT, 16M colors, 240 x 320 pixels, 2.6 inches
  • Kecepatan data: GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA 7,2mbps / HSPUA 2mbps
  • Akses data: WiFi dan Bluetooth v2.1 A2DP
  • Kamera: 5mp, auto focus, tidak ada lampu flash, ada geo tagging, smile shot
  • Musik: standar MP3, MP4, 3GP, WAV, belum ada speaker 3.5mm
  • Browser: full HTML NetFront, RSS Reader
  • Warna: Superior Black, Passionate Rouge
  • GPS: support A-GPS standart
  • Aplikasi:
    • Noise cancellation with dedicated microphone
    • HD Voice ready
    • Splash resistant
    • SensMe, Track ID
    • Google Maps
    • Picture editor/blogging
    • YouTube, Facebook, MySpace, Twitter applications
    • Widget Manager
    • Eco friendly materials
    • Walkmate, CO2 Calculator
  • Baterai: Li-ion 1000mAh

Ayo ikuti polling memilih hape diantara ketiganya,

4 thoughts on “Komparasi Samsung i5500 Galaxy 5 vs Nokia X5 vs Sony Ericsson Hazel

  1. taufik 8 Desember 2010 pukul 21:01 Reply

    kalo seandainya suruh milih antara X5 ato Hazel, lbih baek milih yg mana gan? alesanny knapa?

  2. ibnu 9 Desember 2010 pukul 13:28 Reply

    antara X5 dan Sony Hazel lbih baek milih yang mana? dan apa alesannya?😀 hhe

    • ardyanet 9 Desember 2010 pukul 15:59 Reply

      wah klo aku sih cuma ngomparasikan keduanya n hasilnya dibuat tulisan, klo aku disuruh milih ntar tulisanku jadi kurang objektif lagi, jadi biar para pembaca yg menyimpulkan antara keduanya…oke sob?😉

  3. gerry 19 Februari 2011 pukul 11:50 Reply

    gw milih HAZEL, internet n camera lbh bgs dr yg laen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: