Komparasi Honda Verza 150 VS Rival-rivalnya

2013 Honda Verza150 Biru

Setelah honda verza datang…sapa aja sih pesaing n calon pesain yg cocok buat ditandingin? sapa lagi kalo bukan lawan bebuyutanya sesama jepun n tentu aja merek india n lokal ikutan juga. Sebelumnya kita lihat dulu fitur n spesifikasi honda verza150

Berikut spesifikasi Verza150:

Harga Verza 150 SW: Rp. 16.050.000
Harga Verza 150 CW: Rp. 16.900.000

Dimensi

Dimensi (P x L x T) 2.056 x 742 x 1.054 mm
Jarak sumbu Roda 1.318 mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm
Berat kosong 129 kg (Tipe CW & SW)
Ketinggian Tempat Duduk 773 mm
Radius Putar Minimum 2.000 mm

Rangka

Rangka Diamond Steel
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Suspensi ganda
Ukuran Ban depan 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Ukuran Ban Belakang 100/90 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang Tromol

Mesin

Tipe mesin 4 Langkah SOHC, Silinder tunggal
Sistem pendinginan Pendinginan udara
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah 149,2 cc
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm
Torsi maksimum 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 RPM
Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Starter Starter kaki & starter elektrik
Busi NGK CPR9EA-9

Kapasitas

Kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1 liter pada penggantian periodik
Transmisi 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5

SUZUKI NEW THUNDER 125

New Suzuki Thunder125

Suzuki New Thunder125 ini meski punya harga lebih murah ketimbang verza tapi kayaknya bakalan sulit buat menjegal kedatangan verza, penjualanya pun makin redup padahal sudah difacelift. Salah sendiri facelift kok cuma nanggung banget, harusnya minimal peleknya diganti n diwarna item biar keliatan sedikit lebih maco gitu n disektor kepala juga masih keliatan jadul amat. Malah spionya diwarna krom n lebih tinggi lagi alesanya faktor keamanan nyatanya keliatan makin cupu aja nih moge mungil. Padahal mesin 125cc ini bener-bener bandel loh meski tenaganya gak gede cuman 11,28PS menurut para rider thunder mesinya bener2 jos hampir gak ada masalah berarti, ya maklum lah pabrikan jepang kualitas tetep nomor 1.

Spesifikasi lengkap Thunder125:

Harga: Rp 15.540.000

DIMENSI
Panjang Keseluruhan mm 1.970
Lebar Keseluruhan mm 745
Tinggi Keseluruhan mm 1.045
Jarak Antara As Roda mm 1.270
Jarak Mesin ke Tanah mm 165
Berat kosong kg 130
             
MESIN
Jenis 4 langkah, SOHC
Jumlah Silinder 1 (satu)
Diameter Silinder 57 mm
Langkah Piston 48.8 mm
Kapasitas Silinder 125 cc
Daya Maksimum ps/rpm 11.28/9.000
Torsi Maksimum Nm/rpm 9.4/7.500
TRANSMISI
Transmisi 5 Percepatan
Tipe Transmisi 1-N-2-3-4-5
RANGKA
Rem Depan/Rem Belakang Cakram hidraulis / Tromol
Ukuran Ban Depan 80/90-18 M/C 45P
Ukuran Ban Belakang 90/90-18 M/C 51P
KAPASITAS
Kapasitas tangki bensin ltr 15

BAJAJ PULSAR 135 LS

Bajaj Pulsar135

Meski punya harga sedikit lebih murah ketimbang thunder, desain n tenaga mesin lebih unggul ketimbang thunder, bahkan tenaga mesin sedikit lebih besar dari verza150 mungkin desainya bisa disandingkan sama verza150 karena kelebihan fiturnya juga banyak kayak model dobel seater, sok gas n stang jepit sudah jadi standarnya, sayangnya karena punya brand india jadinya soal 3S (sales, sparepart, servis) masih sangat belum meyakinkan. Coba kalo pulsar series ini dipegang kawasaki kayak di filipina mungkin penjualanya bakal lebih baik lagi.

Ini spesifikasinya:

  • Harga: Rp 15.350.000
  • Engine Type: 4 stroke, air cooled, 4-valve, single cylinder, SOHC, DTS-i
  • Displacement: 13.66cc
  • Max Power: 13.5Ps @ 9000rpm
  • Max Torque: 11.4Nm @ 7500rpm
  • Bore x Stroke: 54 x 58.8
  • Compression Ratio: 9.8:1
  • Gear Box: 5 Speed (Pattern- 1 Down, 4 Up)
  • Starting: Kick + self start
  • Karburator : 26 mm type CV
  • Front Suspension: Telescopic front fork with antifriction bush (Stroke 130)
  • Rear Suspension: Trailing arm with Co Axial Hydraulic cum gas filled adjustable shock absorbers and triple rate coil spring
  • Front tyre: Tubetype Unidirectional 2.75 x 17″
  • Rear tyre: Tubetype Unidirectional 100/90 x 17″
  • Front Brakes: 240 mm Disc Brakes
  • Rear Brakes: 130 mm Drum Brakes
  • Fuel Tank: 8 liters, 2.5 liter reserve (1.6 liter usable)
  • Headlamp: 35/35w
  • Electricals: Full DC
  • Wheelbase: 1325mm
  • Ground clearance: 170mm
  • Kerb Weight: 122 kgs

MINERVA X-ROAD 150 S

Minerva X-Road150 S

Pabrikan lokal mesin cina yg ngaku-ngaku berteknologi jerman ini punya cara tersendiri buat tarung di pasar motorsport up to 150cc Indonesia yaitu dengan menghadirkan desain tampang sangar, kaki-kaki gambot tapi mesin biasa-biasa saja. Meski kudu diakui kelemahan minerva soal getaran mesin sudah bisa diatasi sempurna dah gak getar-getar lagi kayak produk minerva lainya, tenaga mesinya sebesar 9,5kW atau 12,73PS juga lebih besar dikit dibanding thunder tapi masih kalah sama pulsar135 padahal kapasitasnya 150cc. Sayangnya harganya paling mahal ketimbang thunder n pulsar135 malah hampir mendekati harga verza150 pelek ruji. Ya semoga aja meski Minerva merupakan merek kacangan tapi kualitas jempolan gak kayak merek-merek lokal lainya.

Ini nih spek lengkap X-Road 150 S:

  • Harga: Rp 15.950.000
  • Panjang x lebar x tinggi: 2040 x 770 x 1100 mm
  • Jarak sumbu roda: 1385 mm
  • Jarak terendah: 175 mm
  • Berat kosong: 123 kg
  • Beban maximum: 150 kg
  • Isi tangki BBM: 17 lt
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Mono shock
  • Rem depan dan belakang: Menggunakan disc dengan double piston
  • Ukuran ban depan/belakang: 110/70-17 – 130/70-17
  • Type mesin: SOHC single cylinder dilengkapi dg oil cooler dan engine balancer
  • Diameter x langkah torak: 61 x 49,5 mm
  • Perbandingan kompresi: 9,2 : 1
  • System pengapian: CDI
  • Pola pengoprasian gigi: 1-N-2-3-4-5
  • Jenis kopling: Multiplate,kopling basah
  • Final ratio: 2,267
  • Lampu depan: Halogen 12 V/ 2×35 W
  • Lampu sein/belakang: LED
  • Type battery: 12 V- GTZ7S
  • Max Power 9,5 kW/12,73 PS @9500 rpm
  • Max Torque 10,5 N.m. @7000 rpm

Calon Pesaing Verza150

Suzuki Hayate??

Suzuki Hayate India

Kalo denger nama suzuki hayate pasti kebayangnya motor matic 125cc yg dibintangi irfan bachdim, tapi ini hayate di negri boliwood sono. Soalnya bis baca di detikoto kabarnya suzuki lagi nyiapin motor laki kecil seharga 12jutaan katanya lagi kapasitasnya lebih kecil dari thunder jadi antara 110-125cc.

“Rencananya di semester dua,” kata Dept Head Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales Yohan Yahya kepada detikOto. Katanya lagi “Kita bakal jual Rp 12 jutaan. Tapi itu hitungan sekarang ya,”

Kalo dilihat dari modelnya bodi belakang mirip satria150, lampu belakangnya pakai milik inazuma, tapi batok kepalanya juga mirip punya satria150. Jadi kalo disimpulkan nih motor hasil dari kolaborasi macem-macem produknya suzuki.

Tapi mesinya sungguh mungilnya minta ampun cuma berkapasitas 112,8cc alhasil tenaganya pun setara bebek kecil cuma 8,8PS. Wah pantes rem depanya masih tromol jadi larinya kenceng kagak yah?…

Spesifikasinya:

  • Kapasitas: 112.8cc
  • Tenaga Maks: 8.8 PS
  • Torsi Maks: 8.4 Nm
  • Transmisi: 4 Speed
  • Clutch: Wet multi-plate type
  • Bore: 51
  • Stroke: 55.2
  • Pendinginan: Udara
  • Panjang: 2030mm
  • Lebar: 720mm
  • Tinggi: 1070mm
  • Berat: 112kg
  • Jarak terendah ke tanah: 165mm
  • Kapasitas tangki BBM: 8ltrs
  • Jarak Sumbu Roda: 1260mm
  • Lampu depan: 12V 35/35W
  • Type Roda: Alloys
  • Ukuran Ban: 2.75-17 41P – 3.00-17 50P mm Tubeless

Yamaha SZ-R

Kurasa motor inilah yg cocok buat ngelawan honda verza150, SZ-R ini produk yamaha india dengan mesin pakai punya Byson 153cc hanya tenaganya dikecilin dikit jadi 12,1PS lebih kecil dibanding tenaga mesin verza150. Tapi pengapianya masih karburator jadi tentu lebih boros bensin dari pada verza150 yg katanya seirit bebek. Sayangnya pihak YIMM gak tertarik ngeluarin produk tandingan verza, karena yamaha sudah merasa punya cukup banyak motor sport dipasar indonesia ini.

Inilah spek SZ-R India:

Engine type Air cooled, 4 stroke, SOHC, 2-Valve
Displacement 153 cc
Bore & Stroke 58.0 X 57.9mm
Compression ratio 9.5:1
Maximum output 12.1PS/7500rpm
Maximum torque 12.8Nm/4500rpm
Starting system Electric Start/Kick Start
Lubrication wet sump
Cylinder layout Single cylinder
Clutch type wet, multiple disc
Ignition system C.D.I
Fuel supply Carburettor
Battery 12V,5 AH(10H)
Headlight Halogen bulb (12 V, 35/35 W)
Primary/Secondary reduction ratios 3.409/3.000
Tranmission type Constant Mesh 5 – Speed
Caster/Trail 26 degree/99 mm
Gear ratios 1st=2.714, 2nd=1.789, 3rd=1.318, 4th=1.045, 5th=0.916
Frame type Diamond
Suspension (Front/Rear) Telescopic/Swingarm
Brake Type (Front/Rear) Disc /Drum
Tyre size (Front/Rear) (2.75- 17 41P )/ (100/90-17 55P)
Overall length x width x height 2050 x 730 x 1100 mm
Kerb Weight 134 Kg
Seat Height 802mm
Wheelbase 1,320mm
Minimum ground clearance 165mm
Engine oil volume 1.2 L
Fuel tank capacity 14 liters

cheerleader pink mouseAyo ikuti poling komparasi Verza150 vs rival-rivalnya:

Ditandai:, , , , , , , , , , , , , , ,

41 komentar di “Komparasi Honda Verza 150 VS Rival-rivalnya

  1. ipanase 26 Januari 2013 pukul 12:34 Reply

    wiwowoww

  2. pemerhati 26 Januari 2013 pukul 14:04 Reply

    Verza paling lumayan

  3. HAAA? 26 Januari 2013 pukul 14:15 Reply

    keren juga yamaha, cuma ya begitu lah petingginya mau nya jual yg mahal mahal semua, kemarin udah kasus sama fino gua mau lihat kasus lagi gak ni sama motor sport murahnya

    • ardyanet 26 Januari 2013 pukul 16:07 Reply

      yup skrg yamaha harganya malah lebih mahal ketimbang honda….ckckck

  4. Koboy 26 Januari 2013 pukul 14:21 Reply

    Mantabs gan

  5. buaya 26 Januari 2013 pukul 16:04 Reply

    Kalo tampilan paling keren minerva sama pulsar, sayang orang mikir harga jual kembali yang anjlok dan suku cadang dan servis yg susah. Cocoknya buat collector yg kelebihan uang, atau yg punya uang pas2an dan rela jauh2 cari bengkelnya untuk dipake sampai rusak dan siap dijadikan rongsok. Produk suzuki kurang kuuat tenaganya, jadi gak menarik, kelasnya ya kayak honda win aja. Yg tampang oke dan mesin mendingan ya verza dan yamaha szr, tapi tetep pegang verza aja karena sudah jelas adanya. Nice info dan jelas.

    • ardyanet 26 Januari 2013 pukul 16:12 Reply

      setuju gan! thunder harganya dah bagus cm modelnya yg cupu wkwkwk…

  6. deniboshter 26 Januari 2013 pukul 18:18 Reply

    lebih cocok suzuki hayate125 deh…lbh cocok di dompet maksudnya he he

  7. emasyayang 26 Januari 2013 pukul 18:29 Reply

    siiiipp…

  8. daivan 27 Januari 2013 pukul 11:07 Reply

    walah. kok di polling belum ada yang milih tander? ckckck… kasihan 😦

    • ardyanet 27 Januari 2013 pukul 17:14 Reply

      thunder loversnya lum nongol kali…wkwkwkwk

  9. BRIDGE 27 Januari 2013 pukul 22:16 Reply

    DARI SEMUA MTOR DI ATAS,,, MODEL YANG PALING KEREN KALO DI LIHAT SECARA LANGSUNG ADALAH PULSAR 135, MESIN NYA JUGA JOS.. SAYANG 3S NYA KURANG.. JDI KALO ADA YG RUSAK JDI BINGUNG..
    TAPI HERAN ANE SMA PBRIKAN JEPANG APA GAK BSA YA BUAT MODEL YG BGUS

    • ardyanet 28 Januari 2013 pukul 11:09 Reply

      yah…sdh jd sifat manusia klo bikin yg segitu aja dah laku ngapain jg bikin yg bagus2 hehe…

  10. pieser solo 3 Februari 2013 pukul 10:57 Reply

    pilih pulsar 135 desain dan power msh unggul dari semuanya

  11. Gho-Pan 5 Februari 2013 pukul 15:52 Reply

    nunggu downgrade yamaha byson om.

    • ardyanet 6 Februari 2013 pukul 13:58 Reply

      ho’o yo…bentuke byson tp dobel sok

  12. touringrider 10 Februari 2013 pukul 09:24 Reply

    nunggu downgradenya KLX..hehehehe

    • ardyanet 11 Februari 2013 pukul 00:39 Reply

      bodi+ban sdh cungkring gt mo didowngrade gimana lagi?…disunat kali yak wkwkwk

  13. bombom 11 Februari 2013 pukul 10:42 Reply

    bingung milih antara pulsar 135 ama verza ,.tpi ko blum masuk dealer ya verza…

    • ardyanet 11 Februari 2013 pukul 17:40 Reply

      paling jg bentar lagi…

  14. ahmadrider 14 Februari 2013 pukul 10:53 Reply

    udah punya pulsar135, dah lumyn puas kok, power dapat, torsi lumayan, body lumyn, buat diatas 100km/h msh stabil, iritnya pooolll….sktr 55km/ltr premium. sparepart di jogja kyknya gk bgitu jd masalah, inden 3-7hr gk masalah, kcuali fast moving biasanya ready di diler… cuman mmg motr sport wlopun versi murah partnya mmg lbh mahal dr bebek…

  15. Rain 19 Maret 2013 pukul 15:06 Reply

    Pengalaman punya thunder 125 generasi ke-3 tahun 2006, yg mesinnya udah pakai teknologi PAIR (Pulsed Secondary Air Ijection System) buat lolos emisi Euro II, mesinnya sih lumayan bandel, jarang rewel. Cuma ya itu material karbu vacuumnya gak sebaik satria FU, jadi banyak orang yg bilang thunder itu mogok’an pas ujan2an atau pas kedinginan cuaca, ya itu membran vacuumnya karbu gak bisa awet seawet FU.
    Thunder generasi ke-3 dalam kondisi sehat top speednya 115km/h, malahan dulu pernah coba upgrade ganti karbu Ninja yg KW ventury 28mm, main jet Tiger ukuran 120, pasang gas spontan variasi, gear belakang RX-King ukuran 37, porting inlet-outlet, papas head cylinder 0,5mm aja. Suara mesin halus banget kalo udah digituin… Top speed tembus 140km/h di jalanan sepi lurus…
    Tapi ya itu, getarnya minta ampun…….
    Trus sekarang dibalikin pakai karbu std lagi biar gak terlalu terasa getarannya di footstep… Pakai karbu asli tapi main-jet naik jadi 17,5 trus main jet jadi 115. Lumayan lah top speed cuma 130km/h. Tapi suara mesinnya gak sehalus kalo pakai karbu Ninja.
    Trus sekarang gear belakang pakai ukuran asli lagi ukuran 45, gara-gara gear ukuran 37 kekecilan gak kuat dipakai boncengan….
    jadi sekarang top speed cuma 125km/h….
    Sebenernya bisa sih pakai gear standart lari 130km/h, tapi harus pinter-pinter atur rpm aja… Dulu sempet coba bisa….

    Sayangnya thunder generasi ke-5 yaitu 2011 hingga sekarang katanya top speed cuma mentok 105km/h dalam kondisi sehat. Walah…. Akibat ganti mesin pakai engine balancer ya….

    • ardyanet 30 Maret 2013 pukul 01:47 Reply

      ow…thanx infonya gan 🙂

  16. Rudi Santoso 5 April 2013 pukul 11:30 Reply

    saya udah nyoba verza enak kok buat touring … tapi clubnya belum ada jd masih nebeng ma megapro hahahahah

    • ardyanet 8 April 2013 pukul 04:48 Reply

      iya yah mirip sih jd sepintas klo jalan bareng gak ada bedanya…wkwkwk

  17. CB Gelatik 5 April 2013 pukul 11:58 Reply

    VERSA 150 SUDAH FUEL INJECTION, LEBIH MUDAH PERAWATANNYA ASAL ACCU TERAWAT, BERSIHKAN INJECTOR SECARA BERKALA DAN PERHATIKAN SARINGAN BENSIN. MOTOR2 YG PAKE KARBU LAMBAT LAUN AKAN DITINGGALKAN.

    • timbil999 30 September 2014 pukul 11:27 Reply

      sak banter2e motor injeksi ki sepira tah

  18. PREDI 25 April 2013 pukul 10:19 Reply

    Versana suaranya kasar bro ….apa sebabnya ya???????

  19. black thunder 22 Mei 2013 pukul 16:10 Reply

    Ane punya thunder 125cc
    Mantap larinya.. Bwt lawan N250.
    Dapet broo.. Tp posisi N250 nya lagi parkir..
    Нå.=D. нå. =D. нå. =D нå
    «». «». «»
    ^. ^. ^.

  20. galih 30 Mei 2013 pukul 01:49 Reply

    honda versa bagus,tapi agak kemahalen untuk mutu

  21. januar 1 Juli 2013 pukul 19:49 Reply

    kalo milih hemat ya verza
    milih gaya ya x road
    yang laennya bngung

  22. ikhsan 5 Juli 2013 pukul 11:16 Reply

    ada satu masalah dari motor jepang itu “sepedonya gak akurang” an aja pernah intip spedo dari vixion & satria waktu (pake pulsar 135LS) waktu di 30Km/h kok ane liat si sepedo mereka udah 36km/h hmmmmm berarti waktu di 100 km/h mereka sebenarnya cuman 80km/h hmmmmmmm ( liat aja di google kalo gak percaya)

  23. wawiwawiw 20 Juli 2013 pukul 19:14 Reply

    pengapian kok karburator? goblog apa bego sih…
    pengapian ya pilihannya CDI atau Transistorized..
    kalo sistem bahan bakar barulah karburator atau injeksi…
    goblog dipelihara…!

  24. dion 23 Juli 2013 pukul 05:43 Reply

    thunder dong,,kalo masih ori bawaan pabrik sih emang thunder masih kalah,, tapi thunder punya stroke langkah paling kecil dari pada lainnya 48,8. hampir sama dengan motor sport kelas 200cc

  25. fian 7 Agustus 2013 pukul 05:01 Reply

    wah.. ane jd makin bgug aj mo pili yg mana bang

  26. z 10 April 2015 pukul 08:50 Reply

    Dari berbagai segi ya Verza-lah. Cuma aku gak suka injeksi. Bisa dikarbuin gak ya? Kalo bisa digimanain Bang? Thanxsss.

Tinggalkan Balasan ke PREDI Batalkan balasan