Komparasi Skutik 125cc Honda Vario 125 PGM-FI vs Yamaha Xeon 125 vs Suzuki Hayate

Honda Vario Techno 125PGM-FI CBS

Kini kelas skutik 125cc sudah gak lagi milik suzuki saja, setelah yamaha sukses lewat xeon 125 kini honda juga pengin menjajal peruntungan lewat vario 125 terbarunya. Dengan harga yang sangat kompetitif bahkan berani dibanderol lebih murah 50rebu ketimbang xeon, honda menawarkan teknologi yang selalu dibangga-banggakan yaitu rem CBS-nya yang gak ada di skuter matic lainya. Selain itu vario 125 juga sudah memakai sistem injeksi yang diklaim jauh lebih irit ketimbang karburator, yah meskipun sebenarnya cuma terpaut dikit sih dari versi karburator. Kelebihan lain ada pada tapak ban, semua jajaran skuter honda Indonesia memakai tapak ban paling lebar depan 80/90 dan belakang 90/90 jadi tampak paling kekar ketimbang maticnya yamaha dan suzuki. Tapi kekuranganya mesin vario 125 terletak di torsinya paling kecil dibanding xeon maupun hayate cuma mentok 5000rpm kalau hayate 6000rpm dan xeon 7000rpm.

Tapi tetep aja bikin pabrikan yamaha ketar-ketir melihat produk terbaru honda yang kini harganya gak mau dipaling mahalkan. Selain teknologi jeroan mesin, dimensi vario 125 lebih besar ketimbang xeon lihat saja panjang, lebar maupun tingginya. Soal tenaga mesin vario 125 vs xeon mirip-mirip lah tenaga puncaknya pun didapat sama-sama setelah 8500 rpm, beda sama suzuki hayate pada 8000 rpm.

Ini dia spesifikasi Vario Techno 125 PGM-FI CBS:

  • Harga: Rp 15.900.000
  • Panjang X lebar X tinggi: 1.918 x 689 x 1.103 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1.281 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 128 mm
  • Berat kosong: 112 kg
  • Tipe rangka: Tulang punggung
  • Tipe suspensi depan: Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
  • Ukuran ban depan: 80/90 � 14 M/C 40P
  • Ukuran ban belakang: 90/90 � 14 M/C 46P
  • Rem depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem belakang: Tromol
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
  • Tipe mesin: 4 langkah, SOHC
  • Diameter x langkah: 52,4 x 57,9 mm
  • Volume langkah: 124,8 cc
  • Perbandingan Kompresi: 11,0 : 1
  • Daya Maksimum: 11.3 PS / 8.500 rpm
  • Torsi Maksimum: 1.1 kgf.m / 5.000 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,8 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
  • Gigi Transmsi: Otomatis, V-Matic
  • Starter: Pedal & elektrik
  • Busi: ND U22EPR-9, NGK CPR7EA-9
  • Sistem Pengapian: Full Transisterize, Baterai

Yamaha Xeon

Xeon merupakan skutik kedua setelah suzuki yang nyemplung di kelas 125cc, dengan hadirnya si xeon pun pasaran suzuki skywave jadi sepi, bener-bener “skywave killer” nih. Kini dengan adanya vario 125 bakal terjadi hukum karma gantian si vario jadi “xeon killer” apalagi dengan teknologi yang masih kalah telak sama si vario injeksi ini. Karena itu sperti motor yamaha kebanyakan, tampilan warna n grafis yamaha xeon paling “fresh” n beragam dari pada model grafis honda dan suzuki yang cenderung monoton.

Tapi untuk mesin memang xeon harus tunduk K.O sama si vario karena selain masih karburator, harganya pun lebih mahal ketimbang vario 125. Kelebihan pada mesin xeon itu pada torsinya yang lebih gede dari pada vario 125 dan hayate.

Ni dia spec Yamaha Xeon 125:

  • Harga: Rp 15.950.000
  • P x L x T: 1.850 mm x 685 mm x 1.060 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1.260 mm
  • Jarak Terendah Ke Tanah: 125 mm
  • Tinggi Tempat Duduk: 750 mm
  • Berat Isi: 103 kg
  • Kapasitas Tangki Bensin: 4,1 Liter
  • Tipe Mesin: 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
  • Jumlah / Posisi Silinder: Cylinder Tunggal / Mendatar
  • Volume Silinder: 124,9 cc
  • Diameter x Langkah: 52,4 × 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi: 10,9 : 1
  • Daya Maksimum:8,05 kW / 8500 rpm
  • Torsi Maksimum:10,10 Nm / 7000 rpm
  • Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
  • Sistim Bahan Bakar: Karburator BS26 x 1
  • Tipe Kopling: Kering, Kopling Sentrifugal
  • Tipe Transmisi: V-belt Otomatis
  • Pola Pengoperasian Transmisi: CVT Otomatis
  • Tipe Rangka: Pipa Baja Tulang Bawah / Steel Tube Underbone
  • Suspensi Depan: Teleskopik
  • Suspensi Belakang: Unit Swing, Suspensi Tunggal
  • Ban Depan: 70/90-14M/C 34P
  • Ban Belakang: 80/90-14M/C 40P
  • Rem Depan: Cakram
  • Rem Belakang: Tromol

Suzuki Hayate

Dengan senjata harga paling murah cukup 14 jutaan sudah bisa meminang skutik 125cc dengan jaminan kualitas suzuki. Sebenarnya keunggulan matic suzuki lokal paling mahal ini banyak juga loh. Si penerus skywave ini mengusung bodi paling panjang dan memakai dobel shock belakang sehingga lebih kuat n mantab. Selain itu diameter roda-roda yang palinge besar yaitu 16 inci jadi mirip motor bebek n sport yang 17 inci sehingga lebih pede kalau nrabas banjir dan karena tingginya mirip bebek, suspensinya pun paling nyaman karena paling tinggi dan dobel shock tadi.

Sayangnya kini pamor suzuki lagi redup meski kualitas produknya hebat-hebat sejajar dengan honda n yamaha tapi kalau melihat resale valuenya paling rendah dibanding honda dan yamaha, meski masih lebih tinggi dibanding kawasaki. Tapi dengan sepinya dipasaran, menjadikan produk suzuki khususnya hayate ini kelihatan spesial kalau di jalan raya alias gak banyak kembaranya, jadi pasti sering dilirik rider lain, hehehe…

Ini dia spesifikasi Suzuki Hayate 125:

  • Harga: Rp14.400.000
  • Panjang Keseluruhan: 1.925mm
  • Lebar Keseluruhan: 670mm
  • Tinggi Keseluruhan: 1.070mm
  • Jarak Antara As Roda: 1.285mm
  • Jarak Mesin ke Tanah: 140mm
  • Berat Kendaraan: 113kg
  • Mesin Jenis 4 langkah, SOHC
  • Jumlah Silinder 1 (tunggal)
  • Diameter Silinder 53.5 mm
  • Langkah Piston 55.2 mm
  • Kapasitas Silinder 124 cc
  • Perbandingan Kompresi 9.6 : 1
  • Daya Maksimum ps/rpm 9.6/8.000
  • Torsi Maksimum Nm/rpm 9.8/6.000
  • Karburator MIKUNI BS 26
  • Saringan Udara Elemen Kertas
  • Sistem Starter Listrik dan engkol
  • Kopling Kering, otomatis, Tipe Sentrifugal
  • Sistem Penggerak Super CVT dengan V-belt
  • Rangka Underbone
  • Suspensi Depan Teleskopik, Pegas Ulir, Peredam Oli
  • Suspensi Belakang Lengan ayun, Tabung Ganda, Pegas Ulir, Peredam Oli
  • Sudut Kemudi 45� (Kanan dan Kiri)
  • Rem Depan Cakram Hidrolis
  • Rem Belakang Tromol
  • Ukuran Ban Depan 70/90 – 16 M/C 36 P
  • Ukuran Ban Belakang 80/90 – 16 M/C 43 P
  • Sistem Pengapian DC CDI (Digital)/Spark Ignition
  • Bagasi Bawah Jok 17.7 L
  • Tangki Bensin 5.0 L

Ayo ikuti polling memilih skuter matic kelas 125 mana yang paling kamu pilih:

About these ads

40 thoughts on “Komparasi Skutik 125cc Honda Vario 125 PGM-FI vs Yamaha Xeon 125 vs Suzuki Hayate

  1. ali 13 Maret 2012 pukul 16:50 Reply

    vote:suzuki hayate 125

  2. rudix 6 April 2012 pukul 23:31 Reply

    Tapi kekuranganya mesin vario 125 terletak di torsinya paling kecil dibanding xeon maupun hayate cuma mentok 5000rpm kalau hayate 6000rpm dan xeon 7000rpm.

    dikoreksi ya, torsi vario 125 itu lebih besar yaitu 1.1 kg sedangkan xeon 10,10 Nm /1,01kg yang berbeda grafik torsinya keluar full pada 5000rpm sedangkan xeon 7000rpm
    jadi untuk pemakaian dalam kota vario secara teknis mesinnya akan lebih enteng dan irit dibanding xeon, namun untuk luar kota, xeon lebih enak tarikannya di rpm atas karena top HP dan Torsinya keduanya mendekati,

    • Aditya 21 Juni 2012 pukul 07:40 Reply

      Bener bgt bro,, singkatnya justru torsi yg didptkan pd rpm lebih rendah lebih menguntungkan, lebih enteng apalagi untuk menanjak ato stop and go, berkendara jadi nyaman+hasilnya konsumsi bbm bisa ditekan

  3. andi 16 April 2012 pukul 14:57 Reply

    kayaknya vario 125 repot deh kalao mau ganti ban dalem, usti banyak yamg dicopott yak??

    • Perry 13 Juli 2013 pukul 09:35 Reply

      Vario saya beli baru lsg di copot ban dalamnya… Saya beli cairan tubbles di bengkel rp25rb 1botol.. Sudah 1 tahun ga pernah ngarasiin kurang angin atw ban bocor…. Ket: klo bocor kena paku tinggal di tambal tubbles

  4. Safira 9 Juni 2012 pukul 22:42 Reply

    Honda hanya unggul dipasaran krn irit bbm. Suzuki paling bandel pada mesin. Yamaha manis pd design.

  5. nino pradipto 13 Juni 2012 pukul 10:08 Reply

    mungkin ada baiknya diberi perbandingan yang sama satuannya terutama utk tenaga ps,kW dan torsi kgf.m, Nm…karena kalo saya hitung, vario tetap paling tinggi nilainya. Torsi maksimum vario didapat di rpm 5000, menurut saya artinya tarikan vario tetap paling top, dan lebih responsif di perkotaan karena untuk memperoleh torsi maksimum tidak perlu dengan rpm lebih tinggi. Mohon koreksi kalo saya salah. Btw saya senang melihat perbandingan ini.Tq.

  6. ascard 14 Juni 2012 pukul 20:33 Reply

    Vote buat Skywave ah, harga paling murah performa manteb banget. Skywave 2009 ane masih kuat kok buntuti vario 125 n xeon. Walau kalah, puas dah performanya, mesin paling sederhana dari dua rivalnya, tapi performa gak beda jauh. Walau kalah gak malu2in, wkwkwkwk…

  7. IPHE OE EL 25 Juni 2012 pukul 12:13 Reply

    SETUJU OM BRO

  8. Armor 1 Juli 2012 pukul 10:21 Reply

    vote for hayate 125,

    krn dual shocknya n desain keseluruhan,
    jg krn image elegan pd motor ini.

  9. zaenal 8 Juli 2012 pukul 06:24 Reply

    klo q sih always vario pgm fI aj gan…. cz zlainn irit bgt jg bertenaga n mzinn haluzz lgy….

  10. Yoyok 13 Juli 2012 pukul 17:35 Reply

    Kalo dikasih gw pilih hayate, lok beli pilih vario

  11. anton 14 Juli 2012 pukul 20:13 Reply

    Suzuki 4ever hehehe..

  12. damar sanjaya 2 Agustus 2012 pukul 23:38 Reply

    kalau saya milih HAYATE kenapa ?
    VARIO/XEON kompresi tinggi hrs minum pretamax sedang HAYATE cukup dgn premium
    VARIO/XEON satu shok sedang HAYATE 2 shok ( 2 shok akan lebih stabil kokoh & nyaman )
    VARIO/XEON berradiator tentunya akan ada biaya tambahan sedang HAYATE cukup dgn penampung udara besar & perpungsi dgn baik walau menempuh 100 san km tdk terjadi overhet
    VARIO/XEON punya velk cuma 14 ” sedang HAYATE 16 ” & pasti menjadikan lebih aman nyaman mengingat jlnan di ind yg byk lubang
    HARGA HAYATE lebih bersahabat & soal TARIKAN / AKSELERASI bisa di buktikan, mana yg lebih cepat ? bahkan sudah dibuktikan oleh blok punya tetangga HAYATE TERCEPAT DIKELASNYA MENGIKUTI REKOR AKSELERASI 110 SANG ADIK SUZUKI NEX.
    ### ya hanya harga jual, yg ini mengakui tapi beli motor untuk dipakai bukan dijual
    ### maaf saya bukan sales tp sudah membuktikannya sendiri.
    ### terserah bebas memilih kembali lg sama calon pembeli.

  13. anne 8 Agustus 2012 pukul 10:19 Reply

    Untuk perjalanan jauh ok xeon deh, vario terlalu berat dn besar bodynya klo diajak manuver

  14. Teguh 27 Agustus 2012 pukul 09:23 Reply

    Klo qu mesin plh vario..125..
    Tp body na kurang sip..
    Cz bodi,ne lbh bgus vario CW……
    Ok ok…

  15. Hery 31 Agustus 2012 pukul 21:54 Reply

    bagus vario dan nyaman, starter sempurna, rasa mak nyosss

  16. SENTUL CIRCUIT 1 September 2012 pukul 22:43 Reply

    Kami club riders Kawasaki 250R mngakui Daya tahan mesin New Xeon 2012 luar biasa, sudah trbukti di sirkuit sentul Juni 2012 lalu Untuk kategori matic, New Xeon 2012 peringkat atas. So klo merasa motor kalian merasa terbaik BUKTIKAN.

  17. koplak 19 September 2012 pukul 15:22 Reply

    nyang slalu ngomong motornya terbaik tuh sales si sayap honta kug, ntaar (lagi2) mereka kasi bukti dg catatan market sharenya yg gede ntuhh…

  18. nova banyak motor 24 September 2012 pukul 20:55 Reply

    kalau aku sih tetep yamaha ga tau alasannya tapi hati dah nyatu…. trims ya dah boleh curhat disini.. untuk agan yg pengen punya motor bnyk gabung aj ma saya..http://UangDownload.Com/28665

  19. pengen yamaha xeon 24 September 2012 pukul 21:03 Reply

    keluarga saya jg fanatik ma yamaha gan makanya saya dpat warisan jg yamaha.. tapi untuk yamaha saya belum punya kl agan pengen klik disini ya..

  20. wirahadi 29 September 2012 pukul 17:43 Reply

    Thanks infonya masbro..
    Jadi referensi saya buat ambil matic..

  21. otong 14 November 2012 pukul 16:42 Reply

    honda memang paling hebat untuk membuat fitur keamanan dan knyamanan namun dr sisi technologi mesin msh kalah dgn yamaha…?
    wlw pn xeon msh krburator tp kcpatannya hmpr sama dgn vario yg sudah injeksi…? gmana kalo sudah injeksi y si xeon kaya apa larinya untuk di klas matik.

  22. aden 27 Desember 2012 pukul 18:49 Reply

    Dengan fitur yang melimpah,vario sangat pantas dipilih
    Apalagi dengan harga yang kompetitif,padahal teknologi injection yang paling bagus adalah honda
    soal speed,honda memang kalah dkt,tp jaman sekarang buat apa ngebut toh banyak stopan dan macet,jd percuma ngebut jg kan?

  23. me 18 Januari 2013 pukul 16:33 Reply

    salam HAYATE

  24. arya sena 5 Februari 2013 pukul 17:25 Reply

    mau jual beli silakan ambil honda, mau terlihat sporty silakan ambil yamaha, mau berkendara dan hidup sempurna ambil hayate… belum ada yg ngalahi stabilnya hayate ditikungan… 100km/jam ga melayang sam sekali, late braking tetap lurus ga ngebuang dan yg terakhir nikung kecepatan 80km/jam nyaris sempurna dan ini tikungan ke kanan… jika insinyur pabrikan mau jujur mereka pasti kecewa dgn kualitas vario 125… monggo tanya siapa tau ada yg sodaranya insinyur di AHM….. lalu bandingkan dgn kualitas hayate atau bebek kawasaki…. jauh bgt bro.. biker sejati ga perlu jual beli tapi menikmati perjalanan… enjoy your drive with hayate

  25. Rap 25 Februari 2013 pukul 20:43 Reply

    ane pilih hayate,tapi….naro barang di bawah susah yaaa….kagak rata deknya….

  26. nurfitriaanto_pandowo 7 Maret 2013 pukul 00:20 Reply

    Kecepatan maksimal gue rasa jauh lebih mantap vario 125 gan. Kebetulan keluarga gue pecinta metic nihh.. Kecepatan yamaha xeon di jarak 0-500 meter cuma dapet 95-100 km/h doang
    Kalo vario 125 jarak 0-400 meter juga udah lari 110 km/h dan itu juga masih bisa di tambah gan

    Gak percaya ??? Coba sendiri tendangan vario PGM-fi nya gan

  27. hendry 23 Maret 2013 pukul 17:36 Reply

    Hayate boleh bagus, tpi boleh kalian liat vario 125 dilengkapi segudang fitur yg ngak ada tandingan-nya sma mtor lain..
    ~ACG Starter>>Combi Brake System>>PGM-FI>>Idling Stop System>>IRIT(TERBUKTI 52:1)
    Apalgi yg lw butuhkan dengan segudang fitu and desain yg keren + harga yang ngak jatuh ???
    Bensin Vario ngak msalah ngak bsa pke premium, tpi itu lebih bagus , karena performa lebih oke and juga mesin jdi lebih awet+ngak perlu ngantri klau isi bensin

  28. variocwisdabes 20 April 2013 pukul 22:44 Reply

    males banyak fitur lengkap tp gak kepake, yg penting skill berkendara n good maintenance gan…semakin banyak fitur mendekati motor kelas premium tp harganya jauh dibawahnya, umur mesin makin pendek

  29. Jack 21 April 2013 pukul 00:38 Reply

    Mantap….karena saya masih didunia motor…saya boleh simpulkan vario lebih baik.. Semoga pesaing menjadi lebih baik tahun mendatang…

  30. Dika 5 Mei 2013 pukul 22:36 Reply

    Hayate punya qu tahun 2012 berani lawan jupe z, blade tw pun axelo….

    Top speed hayate punya qu tembus sampai 133 kpj

  31. urySuzukiLover 8 Juli 2013 pukul 11:40 Reply

    Aneh masa motor irit bisa lari kenceng???sw125 ane 2010 standart, lebih boros dari yg laen….yg penting tenaga josss asal berani bawanya, vario125 11.5 ps???kok dgn mudahnya ane salip ya??

  32. Andhika 8 Juli 2013 pukul 14:52 Reply

    Kalo menurut gua pribadi untuk akselerasi jauh xeon kemana2 tapi untuk top speed vario kemana mana 120 KM/H nyampe sedangkan xeon hanya sekitar 109 KM/H dan untuk irit vario lumayan lah depok bogor (PP) dri tadinya full tank hanya berkurang 4 bar

  33. apa 10 September 2013 pukul 08:31 Reply

    kalau mau beli vario 125, behubung yg punya vario banyak, coba dulu dah pake boncengan pas macet.. kaki ane jingkit2..jadi kalau belum biasa rada pegel. paling itu doang sih yg bikin ga enak. n joknya tipis.
    Kalau masalah kecepatan mah banyak pengaruh, dari ridernya, bahan bakarnya juga… rada susah kalau mau test tapi kondisinya ga sama.

  34. gugun kurniawan 18 Oktober 2013 pukul 03:11 Reply

    Tetap aja yamaha kaleee pemenangya…honda and suzuki no way deh….bukti nyata di moto gp Siapa rajanya???

  35. indra 23 November 2013 pukul 12:15 Reply

    he…he…!! asik jg baca2 comen di atas,semuanya bgs!! motor apa jg bgs msing ada kelebihan n kekurangannya yg penting kita gmna bawanya…selamat sampe tujuan tepat waktu..tampa pengendara lain terusik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: