Tren Mobil Nasional Menyambut HUT RI Ke-65

Bulan agustus merupakan bulanya bangsa Indonesia. Karena jatuhnya tanggal 17 Agustus nanti membuat seluruh lapisan rakyat hingar bingar menyambut ulang tahun hari kemerdekaan Republik Indonesia. Suasana agustusan memang cocoknya harus berbau nasionalis apapun bidangnya, tidak cuman disektor sosial, budaya, seni, bahasa termasuk teknologi yang berbau keindonesiaan, khususnya sektor kendaraan roda empat alias mobil.

Sudah bukan lagi berita baru kalau nanti jalanan Indonesia akan banyak dijumpai mobil-mobil lokal alias mobil merek nasional. Saat ini sudah banyak merek-merek lokal unjuk gigi kebolehan produk-produk mereka. Ada Esemka, GEA, Arina, Tawon, hingga Komodo, dan isunya muncul lagi nama Sapu Angin.

Adanya program mobil murah dari pemerintah, membuat pabrikan-pabrikan jepang berlomba-lomba memproduksi mobil murah terbaru mereka. Selain itu merek-merek lokal pun latah menelurkan produk andalan mereka. Berikut macam-macam merek dan produk mobnas (mobil nasional) yang sudah dan akan dijual ke pasaran.

1. Esemka Digdaya 1.5

Mobil rakitan anak-anak SMK ini mempunyai bentuk dan model paling “masuk akal” dan terlihat lebih meyakinkan disebut “mobil” ketimbang merek lain. Hal itu dikarenakan Esemka memakai bagian-bagian mobil merek lain yang sudah sangat pasaran, seperti pada produk pick-up double cabin Esemka Digdaya suspensi depan dan rem depan pakai Mitsubishi L300, suspensi belakang dan sasis memakai Isuzu Panther, transmisi dan rem belakang milik Suzuki Escudo, mesin memakai eks Timor yaitu mesik KIA 1500cc lalu pada bodi eksterior pun masih mencomot bagian mobil lain juga, seperti lampu depan milik Daihatsu Terios, lampu belakang pakai lampu Xenia, spion milik APV,  handle pintu lagi-lagi milik Escudo, hanya bagian kaca dan winning systemnya merupakan buatan sendiri.

Jadi meskipun mobil dengan varian SUV dan Pick-Up yang sudah diakui Presiden SBY ini bisa dikatakan belum lah 100% karya negeri melainkan hanya modifikasi saja. Malah bisa dikatakan lebih cocok disebut mobil karoseri yang hanya mencomot sana sini.

2. GEA (Gulirkan Energi Alternatif)

Mobil milik perusahaan pembuat kereta api PT. INKA ini memiliki mesin 650cc, tapi mesin ini merupakan mesin buatan dalam negeri asli karena dikembangkan oleh BPPT dan dicemplungkan dalam kap mobil merek GEA, kabarnya mesin ini memakan waktu riset 7 tahun dan biaya hingga 4 milyar…wow. Secara tampilan, mobil mungil ini terlihat cukup cantik dengan bentuk membulat dan lampu depan milik Hyundai Atoz cocok dipasangkan. Meskipun butuh finishing lebih rapi, desain mobil ini sudah bisa diacungi jempol dan cocok buat anak muda.

3. Tawon

Mobil mungil buatan PT. Super Gasindo Jaya ini memakai bahan bakar 2 jenis, yaitu gas dan bensin. Sehingga jika kepingin pemakaian bahan bakar super ngirit bisa pakai gas, berhubung masih lebih banyaknya pom bensin ketimbang gas, mesin ini masih bisa meminum bensin premium dan konsumsinya pun masih ngirit mengingat kapasitasnya juga kecil cuman 650cc dan kabarnya akan diproduksi model pick-up dengan kapasitas lebih kecil yaitu 500cc.

Mobil merek Tawon yang bukan merek minyak oles ini sudah dijual dipasaran dan mendapat tanggapan positif dari pasar meskipun desain bentuknya masih sangat biasa dan jadul punya alias ketinggalan jaman. Dengan harga yang sangat murah yaitu Rp48juta untuk versi 650cc rasanya mobil ini akan bersaing dengan Daihatsu F-Concept yang berdisain jauh lebih modern dan masuk akal yang sebentar lagi akan dijual di pasar tanah air.

4. Arina

Mobil imut buatan UNNES (Universitas Negeri Semarang) yang dirancang dengan konsep bentuk seadanya ini sebenarnya belum cukup disebut mobil, karena mesinya saja masih memodifikasi mesin motor 150cc (kabarnya dari motor China), meskipun mempunyai setir bundar tetapi kapasitas mesinya masih sangat terlalu kecil untuk sebuah mobil mungil sekalipun. Dengan desain mengkotak nanggung, mobil Arina sebenarnya lebih cocok untuk mobil golf, mobil pabrik atau tempat-tempat lain untuk mengantarkan orang-orang dengan jarak dekat supaya tidak capek.

5. Komodo

Ini sebenarnya bukan mobil perkotaan melainkan mobil “off-road” untuk lingkungan tambang, bisa juga untuk refresing di arena off road ringan. Mobil penggerak 4×4 ini sudah dijual umum dipasaran, tetapi tidak boleh digunakan di jalan raya, karena mobil ini masih off the road. Komodo buatan PT. Fin Komodo Teknologi juga digunakan kalangan tentara guna nyemplung di daerah-daerah sempit yang gak mungkin panser atau tank bisa masuk. Tapi dengan kapasitas “hanya” 18cc rasanya masih sangat kurang “beringas” apalagi penggerak rodanya sudah 4WD yang jelas butuh mesin yang lebih bertenaga, selain itu mesin yang dimodifikasi dari mesin motor masih 2 tak yang sudah tidak ngetren lagi jamanya.

6. Pindad Panser Anoa

Terserah pembaca mau menganggap ini merupakan mobil atau bukan, yang jelas kendaraan lapis baja ini merupakan karya anak bangsa dan sudah diakui dunia. Bahkan Panser yang diberi nama burung Anoa ini sudah laku diekspor ke Malaysia, negeri yang suka bikin ulah dan emosi rakyat Indonesia.

Pindad Anoa memakai mesin truk raksasa milik Renault disel, varianya ada yang versi penggerak 4×4 dan 6×6, paling banyak digunakan yang versi 6×6 karena dapat menampung banyak personil. Panser ini sudah diakui PBB dan digunakan untuk misi penjaga perdamaian pasukan PBB di Libanon.

Ayo ikuti poling memilih mobil nasional mana yang paling kamu sukai?

About these ads

3 gagasan untuk “Tren Mobil Nasional Menyambut HUT RI Ke-65

  1. hari 13 Juli 2011 pukul 07:22 Reply

    walaupun esemka mobil…bagian2nya masih comot sana comot sini…klo pemerintah atau pihak swasta yang mau mengembangkannya saya rasa akan menjadi ke banggaan bangsa indonesia…..klo esemka di buat di SMK 1 singosari malang,nah disebelah SMK itu kan ada Karoseri Adiputro yg terkenal ato karoseri2 disekitarnya yang bisa mensupportnya…klo itu yg terjadi maka The Real Mobnas akan merajai Nusantara…contohlah Proton dr Malaysia…KITA BISA!

  2. ardiansyah 4 Januari 2012 pukul 21:19 Reply

    heemmm maklum orang malang kreatif2..

  3. faldy 8 Februari 2012 pukul 11:17 Reply

    emang PINDAD MOBIL NASIONAL??? ORANG PANSER JUGA WOOOYY!! GAK BISA DIPERJUAL BELIKAN SECARA BEBAS!! BTW YANG PILIH ESEMKA=BEGO KALO ANE SIH GEA DOONNKK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: