Komparasi 3 Skutik: Honda Scoopy vs Yamaha Mio Soul vs Suzuki Skydrive

Meskipun pasar sepeda motor nasional masih didominasi jenis bebek, tapi motor model skutik tetap bergairah bahkan trendnya terus meningkat. Motor yang dulunya cuman dipakai ibu-ibu buat ke pasar, kini semua golongan pada doyan ngendarai motor-motor matic ini. Gak sah pake basa-basi langsung saja bahas komparasi trio jepun yang dari dulu sudah “gontok-gontok” rebutan kue pasar motor nasional. Tiap merek ternyata mempunyai ciri khas tersendiri yang bikin para skutikholic bisa memilih aliran mana yang paling disukai.

Honda Scoopy

Diantara kedua merek lain, Honda paling berani menampilkan model retro classic buat skutik terbarunya ini. Meskipun di thailand Yamaha sudah mempunyai skutik retro classic, tapi Yamaha Indonesia dari dulu sepertinya belum “senekat” Honda menjual skuter gaya klasiknya. Spesifikasi Honda Scoopy sebenarnya sebelas-duabelas dengan para pendahulunya si Vario dan Beat. Seperti fitur keamanan kunci kontak berupa magnet otomatis (auto secure keys shutter), tuas pengunci rem, dan standar samping otomatis. Mesin yang dipakai pun masih sama persis dengan Vario dan Beat yang bertenaga 8,28PS pada 8000RPM. Sehingga tidak ada hal baru di bagian jeroan mesin dan kaki-kaki Honda Scoopy ini.

PT. Astra Honda Motor selaku ATPM motor Honda hanya mengedepankan style tampilan body yang benar-benar beda ketimbang skutik yang sudah ada. Warna yang disediakan pun bergaya retro modern sayang pilihanya hanya 3 warna: classic white, retro pink, vintage violet, padahal Honda Scoopy Filipina sangat beragam warna-warnanya. Selain motor bergaya klasik, helm Honda Scoopy standarnya pun didesain retro punya dengan warna-warna cerah juga. Harga Honda Scoopy dibuat lebih mahal dikit diatas Yamaha Mio Soul yaitu Rp13,5 juta (on the road Jkt).

Berikut spesifikasi lengkapnya:

  • Harga : Rp 13.500.000,- (on the road)
  • Panjang x lebar X tinggi : 1.844 x 699 x 1.070 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.240 mm.
  • Jarak terendah ke tanah : 150 mm.
  • Berat kosong : 94 kg. (tipe CW)
  • Tipe rangka : Tulang punggung (Underbone)
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
  • Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
  • Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
  • Rem Depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal Rem Belakang : Tromol
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 3,5 liter.
  • Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
  • Sistem pendinginan : udara dengan kipas Diameter x langkah : 50 x 55 mm.
  • Volume langkah : 108 cc.
  • Perbandingan kompresi : 9,2 : 1
  • Daya maksimum : 6,09 kW (8.28 PS) / 8.000 rpm.
  • Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
  • Starter : Electric starter & kick starter
  • Aki : MF battery, 12 V – 3 A.h
  • Busi : ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
  • Sistem pengapian : DC – CDI,
  • Battery Karburator : VK22x1
  • Torsi maksimum : 8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm.

Yamaha Mio Soul

Untuk menghadang motor-motor matik Honda yang makin beragam, Yamaha Indonesia tetap mengedepankan ciri khas mereka yaitu aliran sporty. Angka penjualan Mio yang belum terpatahkan merek lain hingga kini, membuat PT. YMKI selaku empunya Yamaha Indonesia tetap PeDe alias percaya diri mematok harga Mio Soul tidak jauh berbeda dengan skutik-skutik Honda yaitu sebesar Rp13,45 juta terpaut Rp50ribu dari Honda Scoopy.

Dengan kapasitas mesin lebih besar, tentu tenaga yang dikeluarkan Mio Soul pun lebih gede ketimbang Scoopy yaitu sebesar 8,9PS. Tapi jika membandingkan konsumsi bbm jelas lebih boros dari pada Honda Scoopy meskipun lebih irit dari Suzuki Skydrive. Kelebihan Yamaha dibanding lainya pada warna dan desain striping bodi motor yang sangat banyak dan cantik-cantik, sehingga konsumen pun mempunyai banyak pilihan warna yang bisa dipilih.

Ini dia spesifikasi lengkapnya:

  • Harga : Rp 13.450.000,- (on the road)
  • Panjang x Lebar x Tinggi : 1,820 x 675 x 1,050 mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
  • Jarak Antar Roda : 1,240 mm
  • Jarak Ke Tanah : 130 mm
  • Kapasitas Tangki : 3,7 Liter
  • Berat Kosong : 87 Kg
  • Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC 2-Klep
  • Pendingin Udara AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
  • Diameter Langkah : 50.0 x 57.9 mm
  • Volume Silinder : 113.7 CC
  • Perbandingan Kompresi : 8.8 : 1
  • Power Max : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
  • Torsi Max : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
  • Sistem Pelumasan : Wet Sump
  • Oli Mesin : 0.9 Liter
  • Karburator : NCV24x1 (Keihin)
  • Transmisi : V-Belt Otomatis
  • Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm
  • Rasio Gigi : 2.399 – 0.829
  • Sistem Starter : Kick & Electric
  • Tipe Rangka : Steel Tube
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Teleskopik
  • Rem Belakang : Drum
  • Ban Depan : 70/90-14MC 34P
  • Ban Belakang : 80/90-14MC 34P
  • Rem Depan : Hydraulic Single Disc

Suzuki Skydrive

Sebagai pengamat otomotif, rasanya agak kasihan melihat penjualan motor Suzuki yang masih kalah jauh dari Yamaha dan Honda. Padahal produk-produk yang ditawarkan punya kelebihan tersendiri lo, seperti semua skutik mereka dipasok mesin dengan kapasitas 125 cc tapi harganya lebih murah dari produk-produk Yamaha dan Honda, tapi kok ya masih kalah lo. Tapi pihak PT. Indomobil pun tidak pernah menyerah, meskipun penjualan Spin dan Skywave kurang menyenangkan, Suzuki menelurkan produk barunya yang berharga di tengah-tengah antara Spin dan Skywave yaitu Suzuki Skydrive.

Dengan harga Rp13,2 juta jelas jauh lebih murah dibanding Yamaha Mio Soul apalagi Honda Scoopy. Selain mempunyai kelebihan kocek paling murah, tenaga mesin pun paling beringas. Tapi sayang disain model yang cenderung kurang sporty apalagi warna-warna yang dipakai terlalu “konservatif” alias terlalu biasa, sangat jauh jika dibandingkan dengan Mio Soul, sehingga harus puas jika penjualanya tetap kalah dari Yamaha Mio Soul.

Spesifikasi lengkap Skydrive:

  • Harga : Rp 13.200.000 (on the road)
  • Panjang Keseluruhan : 1.900 mm
  • Lebar Keseluruhan : 655 mm
  • Tinggi Keseluruhan : 1.050 mm
  • Jarak Antara As Roda : 1.265 mm
  • Berat Kendaraan : 108 kg
  • Mesin : 4 langkah, SOHC
  • Sistem Pendingin : Pendingin Udara
  • Kapasitas Silinder : 124 cc
  • Nilai Kompresi : 9.6 : 1
  • Daya Maksimum : 6.9 kW/7500 rpm
  • Torsi Maksimum : 9.6 Nm/6500 rpm
  • Karburator : MIKUNI BS26
  • Sistem Starter : Listrik dan engkol
  • Kopling : Kering, otomatis, tipe sentrifugal
  • Rangka : Under bone
  • Suspensi Depan : Teleskopik, per spiral, peredam oli
  • Suspensi Belakang : Lengan ayun, per ulir, peredam oli
  • Rem Depan : Cakram hidrolis
  • Rem Belakang : Tromol
  • Ukuran Ban Depan : 80/90-14 M/C 40P
  • Ukuran Ban Belakang : 90/90-14 M/C 46P

Ayo ikuti polling dengan tema “Motor matic mana yang paling kamu sukai?”

Baca juga komparasi motor lain:

About these ads

44 thoughts on “Komparasi 3 Skutik: Honda Scoopy vs Yamaha Mio Soul vs Suzuki Skydrive

  1. dicky 25 Juni 2010 pukul 08:41 Reply

    aku milih suzuki spin< pasti paling irit 1: 42 – 45 ……………
    [admin:censored]

  2. andi 2 Juli 2010 pukul 22:28 Reply

    waw keren nih honda scoopy berani bener kluarin gaya retro classic dsaat yg lain pilih gaya model mtr besar modern, scoopy malah clssaic retro mantep uey, cz gw jg udah bosen liat mtr lalulalang gt…gt…z ini br beda bro, dengan dibekali nm besar honda mank mantep dh nh motor dsantap,,

  3. chekha 5 Juli 2010 pukul 17:15 Reply

    gmna yaa rasanya naek scoopy…kudu dicobaa

  4. lana 7 Juli 2010 pukul 14:15 Reply

    pilih yg paling enak n nyaman.
    so ane pilih scoopy, knapa scoopy
    1. desain ok bg (enak d liat)
    2. bbm irit (sm dg beat) jauh drpd soul n skydrve
    3. dek cukup luas
    4. parts gampang (sm dg beat) coba kl pk skydrive susahnya minta ampun bwt cri bengkel resmi suzuki (soalnya mtr gw sblm nya merk suzuki)
    5. jok nya lebar n panjang so bakalan nyaman d pakai.
    6. featur keselamatan paling sip, mulai dr standar samping, tuas pengunci rem dan secure key shutter.
    7. lari tetep ok walaupun mtr retro tp bs d bw ampe lbh dr 90 km/h (ini juga jarang dpt ksmptn) soalnya jln sering mct, kl nggak jln nya rusak
    8. jalan jauh rasanya gak was2.kl ada hal2 diatas,selain itu mesin honda makin panas mkn ok powernya

    kok gw tau bgt, soalnya sblm bli matik gw dah cobain mio, skydrive n scoopy
    dan skrg gw dah bli scoopy vintage violet, asik dahh jd pusat perhatian.

    • faiz 28 Maret 2012 pukul 00:07 Reply

      preeet,..braninya kandang doang,..coba di pantura ,..keseok2,..bisa jd dimakan kontainer loh,..mio n sky mantan bebek sporty,..honda jauuuh (cuci gudng mulu, kualitas minim)

  5. ardyanet 9 Juli 2010 pukul 01:26 Reply

    ok bro makasih temen-temen makasih tanggapanya…tp yg mio hollic mana nih suaranya?…

  6. bayu 22 Juli 2010 pukul 20:03 Reply

    klo dari segi harga antara ketiganya tidak begitu jauh perbedaanya nah klo untuk fungsional nya hampir sama yang penting iritnya jelas gue pilih my scoopy

  7. thunder biker 24 Juli 2010 pukul 15:51 Reply

    scoppy banci..
    Modelny waneh bgt..
    Pa lg yg naik co truz bdanny gede lg..
    Bisa diktawain 1 kampung tu’
    ckckck

    mending skydrive to soul, lbih garang!!
    Kalo aq milih skydrive aja, dah knceng n lumayan irit, enaklah bwat shari”

    • ardyanet 25 Juli 2010 pukul 10:47 Reply

      yee emang yg naik skutik badanya gede2? klo badan gede ya tau diri lah masa’ nunggangi skutik kcl2 gini hehe iya to?

    • fikar 8 Agustus 2010 pukul 12:32 Reply

      skydrive kurang di irit’a ajh kenceng si udh top lari’a …..
      tapi msh boros ….
      terus klw selalu bawa nya beset-beset sering ada kerusakan …
      tapi tetep skydrive pling keren dan kenceng ….

    • Rocky 25 Februari 2011 pukul 09:32 Reply

      YANG BANCI ITU SUZUKI THUNDER…TAMPANGNYA SOK MOTOR LAKI TAPI MESINNYA CULUN PUNYA..PREETT. KALO KETEMU DIJALAN LAGAKNYA KAYAK CLUB MOGE..PADAHAL MOTOR MURAHAN..FUCK THUNDER BIKER

  8. jusnan 26 Juli 2010 pukul 17:59 Reply

    perasaan diforum-forum dimana yg banyak bicara adalah yg udah pengalaman pakai, skydrive ato skywave paling manteb, paling enak makenya, apalagi skywave dg dual shock belakang lbih stabil dan nyaman, btw ina tinggal dimana ya kok susah cari bengkel suzuki, klo di kota kan ga mungkin lah susah, kcuali jauh dr kota.

    • lana 4 Agustus 2010 pukul 17:45 Reply

      ane tinggal d rengasdengklok karawang. disini ada 2 bengkel resmi honda dan 3 bengkel resmi yamaha. tp bwt suzuki ane kl mau servis gak ada bengkel resminya tuh.. di kota aja persebarannnya pasti kalah jauh dibanding honda dan yamaha. ane pernah tinggal di rawamangun kl servis harus ke cipinang. padahal merk lain tersebar dimana2. emang ane akuin sebenarnya produk suzuki emang bagus2 n berbeda. tp ya itu tadii.. harga parts nya jyga lebih mahal.
      smoga suzuki bisa memperbaiki pelayanannya bwt pecinta suzuki.

      • ardyanet 29 September 2010 pukul 01:05

        iya bener tuh suzuki thunder jg mahal part2nya, harga motornya emang lebih murah tp sparepartnya malah lebih mahal :(

  9. ardyanet 25 November 2010 pukul 00:07 Reply

    up date info: harga Yamaha Mio Soul naik Rp50.000 menjadi Rp13.500.000

  10. soni 7 Desember 2010 pukul 15:54 Reply

    memang model dri suzuki skydrive terlalu nyeleneh,tapi dilihat dri sisi torsi n power mesin yg besar serta cc nya perlu dipertimbangkan jika membeli produk lain..

  11. soni 7 Desember 2010 pukul 15:57 Reply

    siapa tau dengan harga parts yg sedikit diatas competitor mencerminkan kualitas yg baik.. walau harga motor lebih murah.. motor murah tapi parts berkualitas bagus jg kan…

  12. diding 23 Desember 2010 pukul 13:05 Reply

    aku metik paling tertarik ama skydrive, dari body ny jg mesin ny yg paling gede yg jelas harga ny jg dong, tpi ama suara ny ga seneng agak brisik klu di bndingkan dgn metik lain, kmp itu ya ???

  13. Satria 10 Januari 2011 pukul 22:45 Reply

    Skydrive no.1

    Yang lain minggirrrrrr……!!!!!

  14. Zero Loss 31 Januari 2011 pukul 12:23 Reply

    Syapa bilang skydrive boros!!!…
    borosan mio soul x…
    gw pernah dapet 1 km 43 liter..
    buat matic segitu irit lah..
    dpt cc besar lgi … 125 cc..
    tenaga besar.. Lebih nyaman…

  15. Gita 11 Februari 2011 pukul 12:37 Reply

    Spin paling irit dan bertenaga.

  16. Rocky 25 Februari 2011 pukul 09:39 Reply

    Dari Data Penjualan Sudah Ketauan Mana Yang Paling Disukai Dan Terbukti Punya Pasaran Kuat..Sparepart Melimpah dan terjangkau, Mesin bandel Dan Irit,Kalau dijual Kembali Harga Tetap Tinggi. Sudah Pasti Mayoritas Menjawab HONDA!! Kalau Yamaha emang jd pesaing kuat..Tapi Kalau Suzuki..Ampuuunn Daahh MENDING MODAR AJA DEH!!!

    • pembasmi anjing honda 26 Juni 2013 pukul 12:38 Reply

      anjing piaraan honda lu ya?

  17. galuh 5 Maret 2011 pukul 23:02 Reply

    scoopy,,,,,,,, maancaaabbbBBB…. abiz

  18. BOGLEX 18 Maret 2011 pukul 02:40 Reply

    scoopy = b a s i
    mio soul = oke
    skydrive = wooww….. keren abizzzz

  19. Jemmy 15 Juni 2011 pukul 11:34 Reply

    skydrive no. 1 dibanding matik2 lain.. body paling sexy, paling keren.. menurut ku sih :).. nyaman dikendarai, mandeg dan stabil saat bawa kenceng, belok-belok aman terkendali.. soal boros sih pasti lebih boros dibanding bebek, tp worthed dengan kenyamanannya…
    c’mon SUZUKI harus lebih maju dan Inovasi Tiada Henti..

  20. Pendi 23 Agustus 2011 pukul 01:47 Reply

    Jangan terbawa iklan
    belum tentu yang lebih laris lebih murah
    aku punya vario lama n skydrive,
    pengalaman gue,.. skydrive lebih nyaman dan lebih stabil dibawa ngebut, 100km/jam gak goyang
    scoopy, vario atw sol mana mungkin bisa
    skydrive is the best

  21. cheYouNk 29 September 2011 pukul 18:47 Reply

    scoopy dong,bcause HONDA lebih irit n lebih trendy,w aj pnya 2,heehee

  22. hoho 11 Oktober 2011 pukul 06:12 Reply

    skydrive bagus tuh untuk orang yang posturnya lumayan gede, tapi lebih suka motor matic, krna bodynya gede,macho, tapi akselerasi tetap terjaga.

  23. andrisr26dri 17 November 2011 pukul 12:44 Reply

    Keiritan :
    1. Honda : 40 Km ke atas (Wajar, CC kecil karakter mesin enak dari bawah-menengah)
    2. Suzuki : 35 km ke atas (sesuai, CC gede dan tenaga ngisi dari bawah sampai atas (kecuali spin yg datar tp top speed tertinggi)
    3. Yamaha 35 km ke bawah (karakter mesin enak menengah ke atas, khusus mio borossss bgt, jauh dari spin & beat)

    sumber : pengalaman

  24. doohan 13 Desember 2011 pukul 15:53 Reply

    skydrive nice to see, comfort to ride, but why your component is so expesive?

  25. zahrafatima 24 Desember 2011 pukul 19:49 Reply

    KLO AQ SIH SCOOPY SCOOPY AND….SCOOPY LOVE U SCOOPY

  26. Dennis 30 Desember 2011 pukul 09:22 Reply

    Mnrt saya si Scoopy paling okeeeee……..Honda pasti mantaaaaaaaap

  27. blukutuk 4 Januari 2012 pukul 03:44 Reply

    Sudah lah terima kenyataan aja sisuzy emang bagus tapi itu masa lalu :D

    Skywave : bermasalah pada cvt nya tiap 3 bulan masuk bengkel

    Skydrive: bodi sporty tp kok gembrot.. Kyk orang yg badannya kurus tp lemak diperutnya ngondoy wekekekekeke…
    Dah gitu handling terasa gemana gitu kalo belok kyk keder..

    Spin: yup cuma nih motor yg menurut ane paling bagus di antara produk sisuzy..tp ada tapinya kenalpot sering kropos..

    Thunder125: aduhh kualitas RRC ampun dehh..

    Shogun series.. Kenceng sih tp boros oomm..

    Dah ahhh males yg pasti sparepartnya ampun dj :D. Ane juga dulu pengguna sisuzy bahkan sampe fanatik.. Tp melihat dilapangan ahhh mendinng tetep setia sm spin ane aja dah :D males gonta ganti lagi :(

  28. mamen 20 Januari 2012 pukul 21:12 Reply

    motor scopy klw di jepang yg makenya tuh nenek2 bwt blanja k supermarket..wakakaka,,

  29. Eko 22 Maret 2012 pukul 00:09 Reply

    Spin,scopy,beat lewat klau adu kenceng mah’menang mio maklum yamaha sech.

    • faiz 28 Maret 2012 pukul 00:00 Reply

      2 jempol,..

  30. faiz 27 Maret 2012 pukul 23:56 Reply

    mio boroz kata siapa,,..mio sporty w sekali gas lgs ngacir,..bensin aman,…scoop motor jadul bukan retro, sky drive ok tp masih di bawah mio, pokokny ymh raja jalanan,..vario tepar ma xeon, beat libas abis, hre gini make motor siput, say good by….jauuuh….

  31. semeleb 14 Juli 2012 pukul 10:07 Reply

    itu mah tergantung pemakainya…………asal jgn geragas aja……………

  32. iwan 4 Agustus 2012 pukul 23:56 Reply

    klo mao irit pke sepada aja cc1250 wkwkwkwk mna ada metick ngak boros.pilihan laki2 yaaaaa skydrive.

  33. Dipul 29 Desember 2012 pukul 19:01 Reply

    Gw pilih yamaha couse i love speed n tentunya gx murahan,
    klu honda murahan n kaya keong ‘do u know that’s’
    klu suzuki skydrive bokbrok,
    ckckckckc
    v syng’y gw gx pya mtr d’atas,
    v gw penguna ‘zr’ i love zr

  34. ronald 25 April 2013 pukul 00:32 Reply

    bener tuh klau mau irit naik sepeda sono,,,,, karna gua pecinta suzuki gua milih sky karna gua punya sky and shogun

  35. Fair comment 24 Februari 2014 pukul 13:19 Reply

    Saya pemakai honda all new cbr 150rc dan menurut saya kualitas honda jelek..padahal motor saya buatan thailand yang pastinya jauh diatas kualitas AHM. Semua motor honda terkesan “ringkih”. Motor saya paling awet yamaha jupiter z 2006 dan suzuki shogun 110 2002

    Pengalaman pribadi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: